Kuliner

6 Rekomendasi Makanan Khas Lombok Sekitar Sirkuit Mandalika Wajib Dicoba

Beberapa waktu lalu, menonton langsung MotoGP 2022 bisa dilakukan di Indonesia, yaitu tepatnya ada di Sirkuit Mandalika dan banyak menjadi perbincangan di seluruh dunia. Ini karena sudah begitu lama akan adanya sirkuit untuk balapan yang dibangun di Indonesia sendiri. Tentunya saat berkunjung ke sini tanpa menikmati kuliner khasnya. Rasanya begitu kurang dan perlu untuk menjadi hal yang wajib dilakukan karena Lombok sendiri memiliki banyak kuliner masakan menarik dan enak yang wajib untuk dicoba.

Oleh karena itu, kali ini akan diberikan berbagai rekomendasi untuk makanan khas Lombok sekitar Sirkuit Mandalika yang wajib untuk dicoba saat berkunjung ke sini seperti di bawah ini.

Nasi Balap Puyung

Rekomendasi makanan khas Lombok sekitar Sirkuit Mandalika pertama yang ada dan wajib untuk dicoba karena kelezatannya yang begitu terkenal dan sulit untuk ditemukan di daerah lain dengan rasa yang sama enaknya yaitu ada nasi balap puyung. Kuliner satu ini memiliki cita rasa yang pedas dan gurih sehingga sangat cocok untuk memanjakan lidah.

Warung Nasi Balap Puyung Inaq Esun yang menjadi tempat legendaris dan bahkan sudah ada sejak tahun 1970an. Harga untuk per porsi dari nasi balap puyung sendiri terbilang terjangkau yaitu hanya sekitar Rp 15 ribu saja dengan isian yang lengkap seperti ayam suwir yang khas.

Sate Rembiga

Rekomendasi kedua untuk makanan khas Lombok sekitar Sirkuit Mandalika yang wajib dicoba yaitu ada sate rembiga. Sate ini berbahan baku berasal dari daging sapi dan rasanya yaitu manis, gurih, dan pedas yang tentunya bisa membuat siapa saja menjadi ketagihan untuk nambah porsi.

Sate satu ini cukup berbeda dengan sate yang ada di daerah lainnya karena penyajiannya tanpa menggunakan bumbu kacang yang mungkin juga sudah menjadi ciri khas dari banyak sate. Pengunjung bisa untuk menyantap seporsi dari sate rembiga secara langsung maupun kemasan. Yang membeli dalam bentuk kemasan khusus sehingga bisa dibawa pulang dan dijadikan sebagai oleh-oleh di rumah.

Bebalung

Rekomendasi ketiga dari makanan khas Lombok sekitar Sirkuit Mandalika yang tidak kalah lezat dan menarik yaitu ada Bebalung dengan namanya sendiri yang cukup familier, yaitu berasal dari sup tulang dan iga sapi yang rasanya gurih.

Jika berencana untuk mencoba kuliner satu ini, bisa mencoba yaitu di Warung Kelebet yang sudah cukup legendaris dan menjadi favorit dari para wisatawan yang ingin mencoba kuliner satu ini, apalagi lokasinya yang cukup dekat dari Kota Mataram.

Untuk memasak kuliner satu ini perlu menggunakan kayu bakar dan masih melalui proses yang tradisional. Sehingga cita rasa yang dimilikinya cukup terjaga dan selalu berhasil memanjakan lidah.

Plecing Kangkung

Rekomendasi selanjutnya dari makanan khas Lombok sekitar Sirkuit Mandalika yang mungkin juga namanya sudah sering terdengar dan banyak bisa ditemukan di daerah lain yaitu plecing kangkung, yang tentunya memberikan rasa dan kenikmatan sendiri saat dinikmati di Lombok.

Kuliner yang satu ini menjadi makanan yang wajib untuk dicoba saat berkesempatan datang ke daerah satu ini. Ini karena cita rasa yang ditawarkan begitu renyah dan pedas serta ada kesegaran tersendiri. Sangat cocok untuk dimakan bersama dengan lontong maupun ayam taliwang. Bahkan sering pula disantap bersama dengan sate rembiga yang membuat rasanya semakin memanjakan lidah dan membuat perut dijamin pasti kenyang.

Sate Bulayak

Rekomendasi selanjutnya untuk makanan khas Lombok sekitar Sirkuit Mandalika yang wajib dicobayaitu bernama sate bulayak. Sate dengan rasa yang dihadirkan yaitu gurih dari bumbu yang begitu khas. Sate ini tidak boleh dilewatkan saat ada di daerah satu ini.

Kuliner sate ini terbuat dari campuran daging ayam, daging sapi, usus sapi, babat dan kemudian dibakar di atas api. Lalu disirami dengan bumbu khusus dan memiliki cita rasa yang khas Lombok. Hal yang membuat sate bulayak ini berbeda dengan sate lainnya yang ada di daerah lain yaitu dengan cara makannya. Sate ini dimakan bersama bulayak atau lontong yang dibuat dibalut daun aren.

Ayam Taliwang

Berbicara mengenai makanan khas Lombok sekitar Sirkuit Mandalika rasanya kurang pas jika tidak membicarakan bumbunya. Bumbu khas yang membalut ayam taliwang yang lezat membuatnya menjadi kesukaan dari banyak wisatawan yang datang ke Lombok.

Ayam taliwang sendiri terbuat dari ayam pejantan yang kemudian dibakar bersama dengan bumbu bernama  taliwang. Ayam taliwang memiliki tekstur ayam yang begitu empuk ditemani pula dengan cita rasa yang gurih, pedas, dan manis. Untuk Ayam taliwang sendiri begitu lezat dan mudah pula untuk ditemukan di berbagai sudut kota yang ada di Lombok. Sehingga tidak perlu khawatir apabila kehabisan dan belum sempat mencicipinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button