Wisata

Wisata Pemandian Alam Sembahe – Lokasi, Fasilitas, Dan Rute Menuju Lokasi

Sumatra Utara, memang mempunyai berbagai macam objek wisata alam yang terkenal, seperti air terjun Sipiso Piso, Geosite Sipinsur, Danau Lau Kawar dan masih banyak lagi. Tapi pernahkah Anda mendengar tentang Pemandian Alam Sembahe. Pastinya ini akan menjadi wisata seru, Apabila Anda mengunjungi lokasi yang satu ini.

Lokasi Pemandian Alam Sembahe

lokasi Pemandian Alam Sembahe ini ada di kampung Mbelin, Kec Sibolangit, Kab, Deli Serdang, Sumatra Utara. Dimana di salah satu tempat yang ada di kawasan tersebut, terdapat sebuah sungai menarik yang bernama Sembahe.

Destinasi Pemandian Alam Sembahe ini sendiri sudah terkenal sejak era 70-an. Lantaran panoramanya yang indah, membuat tempat wisata tersebut, cukup digemari oleh para pelancong terutama asal kota Medan. Salah satu alasannya adalah karena lokasinya yang cukup dekat, dengan Ibukota Sumut, yaitu sekitar 60 menit perjalanan menggunakan kendaraan.

Panorama alam di Pemandian Alam Sembahe

Berada di ketinggian 900 mdpl. Kawasan ini akan jadi buruan, ketika akhir pekan atau pada saat liburan tiba. Tidak hanya para pengunjung yang berasal dari Sumatra Utara saja, yang mengunjungi kawasan tersebut, namun ada juga yang berasal dari daerah lainnya. Umumnya yang mengunjungi lokasi tersebut, antara lain para pasangan, keluarga dan anak, atau bahkan ada juga yang berkunjung bersama teman atau sahabat.

Di tempat ini, para pengunjung akan merasakan langsung bagaimana mandi di kolam pemandian, yang ada tengah suasana alam yang sangat asri, lengkap dengan kondisi airnya yang dingin. Sedikit tips untuk Anda, ada baiknya jika mengunjungi kawasan ini pada pagi hari. Dengan demikian, Anda akan melihat suasana alam yang sangat indah, lengkap dengan hadirnya kabut di beberapa bagian. Ditemani dengan gemericik air, yang melewati bebatuan, serta sinar matahari yang hangat ketika menembus pepohonan. Pastinya akan sangat memanjakan penglihatan dan raga Anda.

Sebenarnya pemandangan alam yang cantik ini, juga akan Anda dapatkan di sepanjang perjalanan menuju lokasi tersebut.

Saat ini, terdapat beberapa pengelola, yang mulai membagi sungai jadi beberapa kawasan, dengan menghadirkan beberapa kolam kecil. Dalam hal ini Anda dapat memilih salah satu kolam tepat, yang ditawarkan oleh salah satu pengelola yang ada di kawasan tersebut.

 Setelah selesai berendam Anda dapat naik ke bagian atas, tepatnya titi gantung. Di bagian tersebut, Anda dapat melihat berbagai macam bebatuan sungai yang terlihat indah, seperti disusun secara rapi. Ditemani dengan nyiur yang melambai, dan juga beberapa batang bambu kuning yang juga ikut melambai ketika terkena angin, membuat suasana di kawasan tersebut terlihat sangat asri.

Fasilitas Pemandian Alam Sembahe

Mengingat Pemandian Alam di Sembahe tersebut, sudah menjadi daerah wisata sejak tahun 70-an. Sudah pasti fasilitas yang ada di lokasi tersebut, cukup beragam, mulai dari :

  • Lahan parkir

Terbilang cukup luas, jadi ketika Anda membawa kendaraan bermotor, baik itu motor atau mobil. Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat menyimpannya di salah satu lahan parkir yang sudah disediakan.

  • Tempat makan

Selain lahan parkir, fasilitas berikutnya yang ada di wisata Pemandian Alam Sembahe, yaitu tempat makan. Jadi setelah Anda lelah bermain dan merasa lapar, namun lupa membawa bekal. Tidak perlu khawatir, terdapat beberapa tempat makan menarik yang dapat Anda kunjungi di lokasi wisata tersebut. Menu makanan yang dijual adalah menu makanan lokal, dengan harga yang pastinya terjangkau.

  • Gazebo

Ada juga beberapa gazebo yang sengaja dibangun, dan dapat Anda gunakan untuk duduk bersantai, sembari menikmati pemandangan alam yang indah di sekitarnya.

  • Penginapan

Merasa kelelahan dan ingin beristirahat, atau Anda yang berasal dari jauh, dan ingin menikmati pemandian tersebut secara leluasa. Jangan khawatir, karena di sekitar lokasi pemandian, saat ini sudah terdapat beberapa penginapan menarik, yang pastinya sesuai dengan budget.

  • Toilet dan kamar mandi

Sudah pasti, toilet dan kamar mandi, untuk ganti, tersedia di lokasi pemandian tersebut. Jika Anda sudah selesai, berendam dan ingin ganti pakaian, tentunya dapat menggunakannya.

Rute menuju Pemandian Alam Sembahe

Tertarik untuk mengunjungi objek wisata Pemandian Alam Sembahe, tidak terlalu sulit. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan, baik itu motor atau mobill. Dari pusat kota Medan sendiri, Anda hanya perlu mencari Jl. Guru Patimpus. Kemudian pergi ke Jl. Gatot Subroto, dan berikutnya ke Jl. Iskandar Muda. Selanjutnya pergi ke Jl. Jamin Ginting, dan dalam jarak yang tidak terlalu jauh, Anda sudah sampai ke lokasi Pemandian Alam Sembahe tersebut.

Apabila Anda menggunakan kendaraan umum, maka pilih bus dengan jurusan Medan – Berastagi, kemudian pilih turun d Pemandian Alam Sembahe.

Bagi Anda yang suka dengan objek wisata alam, tidak ada salahnya jika mulai mengagendakan mengunjungi Pemandian Alam Sembahe tersebut. Waktu yang paling baik, untuk mengunjungi kawasan tersebut adalah ketika musim kemarau. Sedangkan ketika musim penghujan, bisanya aliran sungainya cenderung meluap, dan juga kurang jernih.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button