Wisata

Tak Hanya Danau Toba, Inilah Tempat Wisata Di Sumatra Utara Yang Indah Dan Menarik Untuk Dikunjungi

Salah satu provinsi yang memiliki jumlah penduduk terbesar di Indonesia ini menawarkan destinasi wisata yang memanjakan mata. Ada beragam tempat wisata di Sumatera Utara yang indah dan menarik untuk dikunjungi bersama teman maupun keluarga. Apakah Anda sudah siap mengeksplor indahnya wisata alam; budaya dan wisata sejarahnya?

Danau Toba

Siapa yang tidak tahu dengan wisata legend yang satu ini? Danau Toba menjadi salah satu destinasi terkenal yang menarik minat para wisatawan lokal maupun mancanegara. Tidak afdol rasanya datang ke Sumatra Utara tanpa berkunjung ke Danau Toba.

Terletak di ketinggian 900 mdl tepatnya daerah pegunungan Bukit Barisan Sumatra Utara. Keindahan yang disuguhkan dari danau yang satu ini adalah hasil dari letusan Gunung Toba yang terjadi sekitar 74000 silam. Ini akibat letusan supervolcano inilah terbentuk danau vulkanik terbesar dan juga terdalam di dunia.

Dibutuhkan waktu kurang lebih 4 jam dari kota Medan melalui jalur darat dengan menggunakan mobil pribadi atau bus, meskipun membutuhkan waktu yang tidak sebentar tapi Anda akan dimanjakan dengan keindahan alam di sekitarnya, tidak hanya hamparan airnya yang jernih saja tapi terdapat juga Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba, untuk mencapai Pulau Samosir tersebut Anda bisa menggunakan kayak, sangat cocok bagi Anda yang gemar melakukan olahraga air.

Taman Nasional Gunung Leuser

Wisata Sumatra Utara selanjutnya yang harus masuk dalam daftar destinasi liburan adalah Taman Nasional Gunung Leuser, berada di pegunungan Bukit Barisan menjadikan taman nasional ini menyimpan banyak keanekaragaman hayati, apa saja yang ada di pusat konservasi Taman Nasional Gunung Leuser?

Wisatawan akan menjumpai beragam spesies hewan mulai dari badak; burung; gajah; harimau; orang utan hingga spesies reptil, tak hanya flora yang menarik Anda juga akan menemukan berbagai jenis flora yang tak kalah cantik, siapkan outfit yang sesuai dan sepatu yang mendukung demi menyusuri jalur trek yang cukup menantang!

Bukit Lawang

Dari berkah kekayaan alam yang ada di Sumatra Utara para wisatawan dapat menemukan beberapa wisata menarik yang tersimpan disana, Bukit Lawang menjadi objek wisata Sumatera Utara yang lokasinya tidak jauh dari Taman Nasional Gunung Leuser tepatnya di selatan pusat konservasi tersebut.

Di Bukit Lawang yang sudah berdiri sejak 1973 ini merupakan tempat rehabilitasi orang utan Sumatra, orang utan yang kehilangan induknya akan dilindungi di pusat rehabilitasi Bukit Lawang, diharapkan melalui pusat rehabilitasi ini orang utan yang sudah dilatih instingnya dapat kembali dilepas ke alam liar, Anda dapat menyaksikan keberadaan orang utan Sumatra di tempat wisata di Sumatra Utara yang indah Menarik untuk dikunjungi Bukit Lawang.

Air Terjun Telaga Dwi Warna

Kekayaan alam yang ada di Sumatra Utara ternyata masih bisa wisatawan jumpai tepatnya di Air Terjun Telaga Dwi Warna. Tempat yang menjadi daya tarik wisata Sumatera Utara ini adalah warna air terjunnya. Bukan hanya pemandangannya saja yang cantik tapi warna air terjun yang terlihat memiliki dua warna yaitu biru dan putih keabuan.

Tentunya Anda tidak bisa langsung melihat keindahan dari Air Terjun Telaga Dwi Warna setelah turun dari kendaraan, karena Anda perlu berjalan kaki melewati hutan dengan waktu tempuh kurang lebih 2 hingga 3 jam lamanya, meskipun membutuhkan waktu dan tenaga tapi Anda tidak akan menyesali keseruan selama melintasi hutan yang lebat, jadi pastikan stamina fit dan gunakan sepatu yang mendukung aktivitas outdoor selama menyusuri jalanan menuju ke air terjun ini.

Istana Maimun

Manalagi destinasi wisata yang layak dikunjungi selama berada di Sumatra Utara? Selain potensi wisata Sumatera Utara yang menakjubkan Anda juga bisa berkunjung ke Istana Maimun yang lokasinya berada di kota Medan. Disini Anda akan melihat megahnya bangunan istana yang diresmikan sekitar tahun 1888 oleh Sultan Deli ke-IX.

Istana Maimun sendiri merupakan bangunan yang dirancang oleh seorang arsitek berkebangsaan Italia yang bernama Ferari. Berdiri di lahan 2700 m2 Istana Maimun memiliki 30 kamar dengan perpaduan sentuhan beberapa budaya seperti India; Italia; Melayu; Spanyol dan Italia. Bagi Anda yang masuk ke dalam Istana Maimun akan menjumpai berbagai koleksi perabotan dan senjata kuno. Jadi jangan hanya berwisata alam saja tapi sempatkan diri untuk berwisata sejarah ke Istana Maimun.

Graha Maria Annai Velangkanni

Selain wisata sejarah ada lagi satu tempat yang biasa wisatawan kunjungi selama berada di daerah Sumatra Utara. Graha Maria Annai Velangkanni adalah salah satu tempat menjadi gereja katolik di akhir abad-19. Arsitekturnya yang unik dengan lukisan dan simbol pada bangunan seolah menyiratkan makna tersendiri bagi umat gereja kala itu.

Banyak hotel dan tempat wisata Sumatera Utara yang bisa Anda jadikan tujuan berlibur bersama teman keluarga. Dari beberapa pilihan tempat wisata di Sumatra Utara yang indah dan menarik untuk dikunjungi di atas manakah yang masuk daftar destinasi Anda?

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button