Wisata

Butuh Healing? Simak Rekomendasi Wisata Kota Solo Berikut Ini!

Jika anda sedang merencanakan liburan namun masih bingung tempat mana yang akan dikunjungi, maka anda harus tahu wisata Kota Solo. Mengapa? Karena di Kota Batik ini anda akan menemukan banyak hal yang menarik. Bukan hanya wisata Keraton saja, namun ada juga, lho, berbagai tempat liburan lain yang wajib dikunjungi. Apa saja? Ini dia rekomendasinya.

The Heritage Palace

Ide tempat wisata Kota Solo yang pertama adalah The Heritage Palace, yang berlokasi di daerah Honggobayan, Kartasura, Sukoharjo. Sudah dibuka sejak tanggal 9 Juni 2018 lalu dan di sini ada beberapa hal menarik yang anda temukan. Bangunan bersejarah, melihat mobil-mobil antik, mengunjungi museum 3D, Omah Walik, dan lain sebagainya. The Heritage Palace ini buka tiap hari.

Gedung Djoeang

Gedung ini menjadi favorit banyak pengunjung milenial dan merupakan tempat wisata Kota Solo kekinian yang masih fresh. Lokasi ada di Jalan Mayor Sunaryo, Kecamatan Ps. Kliwon, Surakarta. Abadikan momen indah dengan perpaduan bangunan lawas corak Eropa dengan penerangan yang temaram. Juga ada banyak spot-spot lainnya untuk berfoto, sambil menikmati es krim gelato yang lezat.

Museum Batik Danar Hadi

Selanjutnya yaitu kita akan menyusuri sejarah batik di Museum Batik Danar Hadi Solo. Lokasinya yakni di Jalan Brigjen Slamet Riyadi, Sriwedari, Laweyan, Surakarta. Wisata Kota Solo yang satu ini menampilkan beragam aneka koleksi batik dengan bermacam-macam corak di Indonesia, dari klasik sampai kontemporer. Cocok untuk solusi liburan edukasi budaya Indonesia.

The Lawu Park

The Lawu Park bisa menjadi salah satu destinasi wisata Kota Solo yang akan menyejukkan pikiran anda setelah lelah menjalani kesibukan sehari-hari yang tak ada habisnya. Karena memang tempat wisata alam ini menyajikan aktivitas-aktivitas seru untuk dicoba. Misalnya hiking, flying fox, sky walk, forest walk, dan lainnya. Tak lupa, anda bisa berfoto dengan latar instagramable.

Taman Balekambang

Menikmati suasana alam di Taman Balekambang sambil ditemani segelas teh manis rasanya sungguh luar biasa. Taman ini adalah taman publik yang lokasinya di Jl. Balekambang Nomor 1 Surakarta. Tamannya asri dan pepohonannya rimbun, tak heran banyak pengunjung memilih tempat ini untuk piknik. Hal menariknya adalah taman ini sudah ada sejak 1921, dan sampai sekarang masih dirawat dengan baik.

Grojogan Sewu

Ingin pergi ke air terjun dengan pemandangan yang menyegarkan mata? Maka anda harus memilih Grojogan Sewu. Lokasinya di Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu. Wisata Kota Solo Grojogan Sewu sering ramai dikunjungi para wisatawan. Rute ke lokasi Grojogan Sewu juga tidak sulit, dan cukup mudah dilalui mobil atau motor. Dengan mengeluarkan biaya tiket masuk untuk wisatawan domestik sekitar 20.000 an, bisa merasakan nuansa alam yang indah.

Taman Sriwedari

Jangan lupakan Taman Sriwedari saat anda berkunjung ke Solo dan juga daerah Surakarta, ya. Taman Sriwedari merupakan satu di antara tempat bersejarah yang telah ada sejak era kepemimpinan Pakubuwana X. Gapura yang memiliki lukisan dengan tajuk “Kresno Duto” akan menyambut anda pertama kali. Tempat ini biasa dikenal sebagai objek wisata budaya dan seni.

Kampung Batik Laweyan

Tidak semua harga batik di Solo itu mahal, lho. Ada sebuah tempat yang memiliki harga batik cukup terjangkau, yakni di Kampung Batik Laweyan. Salah satu objek wisata Kota Solo ini wajib anda coba kunjungi. Anda akan berwisata ke masa lalu karena tempat ini terdapat sejarah yang menarik untuk ditelusuri tentang batik.

Di gang kecil terdapat deretan bangunan tua yang juga cocok untuk latar berfoto yang aesthetic. Ada beberapa butik yang menjual aneka macam batik, dan anda bisa ikut belajar langsung tentang pembuatan batik di sini.

Keraton Surakarta Hadiningrat

Saat berlibur ke Solo, tak terasa lengkap kalau belum mendatangi salah satu tempat populer yang ramai pengunjung ini. Ya, itu adalah Keraton Surakarta Hadiningrat. Wisatawan tak hanya dari dalam negeri, namun dari luar negeri juga penasaran dengan tempat ini, lho. Terdapat sebuah tempat yang di dalamnya adalah museum. Menghadirkan benda-benda koleksi dari peninggalan kerajaan, yang akan membuat anda terkesan saat melihatnya.

Pandawa Water World

Beralih ke wisata Kota Solo yang fun, kali ini ada dari Pandawa Water World, sebuah wisata bermain air yang besar di Indonesia. Pas sekali untuk mengajak anak kecil bermain di sini. Ada 27 wahana air yang seru untuk dicoba! Pasti menyenangkan bermain air di sini bersama keluarga maupun teman-teman.

Itulah 10 rekomendasi wisata Kota Solo untuk referensi liburan anda yang tentunya menyenangkan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan, dan siapkan dengan matang keperluan untuk berlibur nanti. Manakah di antara 10 rekomendasi di atas yang menarik perhatian anda?

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button