Wisata

Air Terjun Nokan Nayan Dan 3 Wisata Air Terjun Lainnya Di Kalimantan Barat

Ketika kalian berkunjung ke Pulau Kalimantan, tidak ada salahnya untuk mengunjungi wisata air terjun, salah satunya adalah Air Terjun Nokan Nayan. Dengan pemandangan yang sangat indah, wisata air terjun merupakan tempat yang wajib dikunjungi di tiap-tiap daerah di Indonesia.

Wisata Air Terjun Di Daerah Kalimantan Barat

Indonesia kaya akan keindahan alamnya. Salah satu wisata alam yang memiliki banyak peminat adalah air terjun. Dengan iklim Indonesia yang termasuk dalam jajaran negara beriklim tropis, air terjun memiliki daya tarik tersendiri terkait kesegarannya. Berikut beberapa wisata air terjun yang terdapat di daerah Kalimantan Barat.

1. Air Terjun Nokan Nayan

Air Terjun ini terletak di pedalaman Kalimantan Barat. Untuk sampai ke pusat air terjun, kalian harus menaiki beberapa jenis transportasi dan juga hiking di area air terjun. Dari Kabupaten Sintang, kalian harus menuju ke Kecamatan Ambalau. Dilanjutkan dengan menaiki speedboat selama 6 jam atau perahu kecil dengan durasi 2 hingga 3 hari.

Untuk sampai ke bagian bawah air terjun, diperlukan izin masyarakat dan juga ketua adat sebagai petunjuk jalan. Air terjun juga ini juga memiliki banyak ritual adat sehingga ada pantangan-pantangan yang tidak boleh dilanggar ketika mengunjungi air terjun ini.

Air Terjun Nokan Nayan memiliki ketinggian lebih dari 180 meter. Terdiri dari 2 sumber sungai yang berbeda, air terjun ini dapat menciptakan kabut sehingga kalian dapat menyaksikan pancaran pelangi di siang hari. Pada musim panas, debit air terjun ini juga sangat besar terutama ketika musim hujan.

2. Air Terjun Riam Dait

Jika kalian mencari air terjun unik di area Kalimantan Barat, maka kalian harus mengunjungi Air Terjun Riam Dait. Air terjun ini merupakan tipe multi-step di mana tinggi air terjun pada tingkat pertama mencapai 60 meter, sementara pada tingkat dua hingga tujuh, ketinggiannya sekitar 20 hingga 30 meter.

Air terjun ini juga sangat unik karena pada dasarnya terdapat hamparan pasir putih yang jarang ditemui di air terjun lainnya di Indonesia. Kalian juga dapat membangun tenda di sekitar air terjun untuk berkemah.

Tidak seperti Air Terjun Nokan Nayan, Air Terjun Riam Dait merupakan air terjun teramai dan paling mudah dijangkau oleh masyarakat maupun wisatawan. Lokasinya sekitar 54 km dari Kota Ngabang.

3. Air Terjun Riam Merasap

Air terjun ini dinamakan riam meresap karena aliran airnya yang deras dan menimbulkan kabut dingin dan percikan air. Untuk air terjun ini juga dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik dan terdapat PLTA. Hal ini dikarenakan lebar Air Terjun Riam Merasap sekitar 8 meter. Sementara umumnya air terjun di Indonesia memiliki lebar tidak lebih dari 3 meter.

Air Terjun Riam Merasap juga dianggap sebagai miniatur Air Terjun Niagara dengan karakteristiknya yang unik. Air terjun ini sendiri terletak di Desa Sahan. Jaraknya sekitar 300 km dari pusat Kota Pontianak. Air terjun ini hanya berjarak 10 km dari perbatasan Indonesia dan Malaysia.

Tips dan Trik Mengunjungi Wisata Air Terjun

Tentunya mengunjungi wisata air terjun memerlukan persiapan yang matang. Umumnya medan yang harus dilewati untuk menuju ke pusat Air Terjun Nokan Nayan ini penuh dengan tantangan. Oleh sebab itu, kalian tidak hanya perlu menyiapkan fisik, namun juga mental untuk menuju ke air terjun.

Pertama dan paling penting, siapkan alas kaki yang nyaman digunakan. Gunakan alas kaki anti-selip seperti sandal gunung. Menggunakan sepatu khusus hiking juga sangat membantu proses perjalanan kalian menuju lokasi air terjun. Jika perlu, kalian bisa membawa 2 jenis sepatu untuk perjalanan ke wisata air terjun.

Jangan lupa juga siapkan air minum. Setelah perjalanan panjang, kalian tentunya membutuhkan asupan air. Bawa botol kalian sendiri dan usahakan tidak membawa botol plastik untuk menjaga kelestarian lingkungan. Kalian juga bisa menyiapkan makanan ringan untuk teman piknik di area air terjun.

Sebagai pengunjung, kalian juga harus menjaga kebersihan lingkungan di area utamanya di tempat wisata air terjun. Untuk itu, jangan sampai meninggalkan sampah berserakan di area air terjun. Jika perlu, bawa kantong plastik untuk menampung sampah kalian dan dapat dibuang ketika kalian menemukan tempat sampah.

Itulah beberapa 3 rekomendasi wisata air terjun di Kalimantan Barat. Tentunya ada daya tarik tersendiri dari masing-masing air terjun. Kalian pastinya akan disuguhkan pemandangan yang indah. Tempat-tempat ini juga dapat menjadi lokasi foto untuk dipamerkan ke teman dan keluarga.

Meskipun medan yang dilalui membutuhkan usaha yang lebih besar, namun pemandangan yang ditawarkan oleh Air Terjun Nokan Nayan dan yang lainnya cukup membayar lelah dan usaha yang telah dikeluarkan untuk menuju tempat tersebut. Jadi, tunggu apa lagi? Kunjungi wisata air terjun ini pada liburan anda selanjutnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button