Wisata

8 Wisata Di Sumatra Utara Yang Wajib Anda Kunjungi

Sumatera Utara merupakan salah satu daerah di Indonesia yang bisa menjadi tujuan wisata populer. Sumatera Utara mempunyai beragam tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi. Tempat wisata Sumatera Utara tidak hanya wisata alam, tetapi juga wisata sejarah dan budaya. Berikut beberapa tempat wisata yang ada di Sumatera Utara yang bisa Anda kunjungi.

1. Danau Toba

Sebagai danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, wisata ini menjadi g tidak boleh dilewatkan di Sumatera Utara. Banyak hal yang bisa dilakukan di sini, mulai dari berkeliling situs sejarah, mengunjungi rumah tradisional Batak atau berjalan-jalan menyusuri desa Tuktuk Siadong-adong.

Danau Toba sendiri memiliki jarak sekitar 5 jam jika berkendara dari pusat Kota Medan. Anda tidak perlu khawatir kehabisan waktu untuk menikmati semua pesona Danau Toba karena Anda bisa menginap di beberapa wisma yang ada di sekitar danau.

2. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser merupakan pusat konservasi kekayaan keanekaragaman hayati di Pegunungan Bukit Barisan. Luas taman nasional ini sekitar 9.000 kilometer persegi. Pusat konservasi ini merupakan rumah bagi sekitar 400 spesies burung, reptil, gajah, siamang, badak, harimau, dan orangutan.

Ekosistem Taman Nasional Gunung Leuser terdiri dari dua provinsi, Sumatera Utara dan Aceh. Pusat konservasi ini tidak hanya mencakup hutan hujan tropis tetapi juga kawasan pesisir. Taman Nasional Gunung Leuser saat ini digunakan sebagai pusat konservasi, penelitian, dan wisata.

3. Pantai Sorake dan Pantai Lagundri

Bagi Anda yang menyukai olahraga air, maka Pantai Sorake dan Pantai Lagundri akan menjadi wisata yang ada di Sumatera Utara  wajib Anda dikunjungi. Pantai ini menjadi salah satu tempat selancar terbaik di dunia. Pantai ini, bahkan tidak jarang dijadikan ajang kejuaraan selancar nasional dan internasional, termasuk Nias Open.

Kondisi gulungan ombak yang panjang membuat selancar semakin seru dan menantang. Letak pantai yang berada tepat di Samudera Hindia, membuat ombaknya cukup tinggi mencapai 7-10 meter. Para peselancar dari berbagai negara biasanya datang pada bulan April hingga September.

4. Salju Panas Tinggi Raja

Pulau Jawa terdapat Kawah Putih Ciwidey, sementara di Sumatera Utara memiliki objek wisata yang serupa, yaitu Salju Panas Tinggi Raja. Arti kata“salju” dikarenakan kawah yang sebagian besar berwarna putih layaknya salju. Sementara, kata “panas” dikarenakan air di kawahnya yang panas dengan warna biru kehijauan.

Untuk mencapai wisata Sumatera Utara ini Anda harus berkendara sekitar 3 jam dari pusat kota Medan. Dari Medan, perjalanan melalui Lubuk Pakam, Dolok Masihuli, Galang hingga kawasan Bangun Purba. Saat Anda tiba di High King Hot Snow, Anda tidak akan dikenakan biaya. Namun, Anda harus membayar Rp 5.000 jika membawa kendaraan pribadi.

5. Tangkahan

Tangkahan merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser. Tempat ini bagaikan surga tersembunyi dengan luas 17.000 hektar. Jaraknya sekitar 124 km dari kota Medan, yaitu sekitar 3 jam perjalanan.

Anda bisa menjelajah hutan dengan menaiki gajah yang juga digunakan untuk patroli menjaga Taman Nasional Gunung Leuser. Anda juga dapat menikmati keragaman flora dan fauna yang hidup di cagar alam ini. Selain itu, Anda dapat mengunjungi gua dan air terjun serta menikmati kegembiraan pemandian air panas, berkemah, atau arung jeram di destinasi wisata Sumatrea Utara ini.

6. Air Terjun Sipiso-Piso

Berada di dekat Perumahan Desa Tongging, Kecamatan Brand, Karo, Air Terjun Sipiso Piso memiliki pesona alam yang akan membuat Anda terkagum-kagum. Berada di ketinggian 800 mdpl, air terjun Sipiso Piso merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian semburan 120 m2.

7. Pulau Samosir

Pulau Samosir ialah pulau vulkanik di tengah Danau Toba yang terbentuk karena letusan gunung berapi Gunung Toba dari lebih dari 70.000 tahun yang lalu. Luas pulau ini sendiri ialah sekitar 640 kilometer persegi.

Jika ingin mencapai Samosir, maka Anda bisa memilih jalur air melalui Danau Toba. Namun, jika ingin melalui jalur darat, dapat menggunakan jembatan. Di sini Anda bisa menyaksikan keindahan Danau Toba dan aktivitas nelayan dari Bukit Holbung di Desa Janji Marhatan.

Selain itu, Anda dapat menikmati sejarah serta  budaya Samosir dengan mendatangi Museum Huta Bolon, Batu Parsidangan, Makam Raja Sidabutar, dan menyaksikan pertunjukan Sigale-gale serta mengenal budaya di Tomok.

8. Bukit Gundaling

Ingin merasakan pesona sunrise dan sunset wisata yang ada di Sumatera Utara? Datanglah ke Bukit Gundaling Jalan Jamin Ginting, Berastagi, Karo. Berada di ketinggian 1.575 mdpl, bukit ini memperlihatkan pesona kota Berastagi dari ketinggian.

Lokasi ini menjadikan objek wisata Sumatera Utara Bukit Gundaling tempat yang bagus untuk melihat matahari terbit dan terbenam. Jika sedang beruntung, maka Anda dapat menyaksikan pemandangan indah dari Gunung Sibayak dan Sinabung ketika cuaca cerah. Bukit Gundaling juga dilengkapi dengan berbagai layanan seperti warung makan, toilet, dan toko souvenir.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button