Wisata

8 Tempat Wisata Yang Ada Di Danau Toba Wajib Dikunjungi

Sumatera Utara dikenal dengan wisata Danau Toba yang sangat indah ditambah lagi, di Danau Toba tersebut juga terdapat banyak tempat wisata alam yang tidak kalah menakjubkan. Jika Anda akan menikmati waktu liburan bersama keluarga ke daerah ini, wajib mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Danau Toba. Berikut di antaranya

1. Bukit Holbung

Terkenal akan keindahannya hingga ke mancanegara, bukit Holbung juga sering disebut Bukit Teletubbies. Anda bisa melihat langsung keindahan Danau Toba yang sudah berusia lebih dari 200 tahun dari ketinggian.

Selain itu, kehidupan masyarakat setempat juga cukup menarik. Jika Anda berjalan kaki selama 50 menit dari sana, Anda bisa melihat Air Terjun Turbo atau Sampuran Bolon. Bahkan Anda juga bisa camping seperti pengunjung lainnya yang mendirikan tenda, terutama setiap Sabtu dan Minggu.

Agar bisa menikmati keindahan ini, Anda akan dikenai biaya Rp5.000 saja dan untuk tarif kendaraan sepeda motor Rp5.000 sementara untuk mobil sebesar Rp10.000.

2. Air Terjun Efrata

Selain di Bukit Gibeon, ada air terjun lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan. Air Terjun Efrata ini memiliki ketinggian 20 meter dan diapit oleh perbukitan sehingga pemandangan alamnya terlihat sangat menakjubkan.

Air terjunnya juga deras dan lebar, bahkan dikenal sebagai Sampuran Efrata, yang artinya taman terindah dan suci. Tentunya wisata ini akan membuat Anda terpana.

Untuk masuk ke sini, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya tiket Rp8.000 per orang dan tarif kendaraan Rp2.000.

3. Desa Wisata Tomok

Jika Anda ingin merasakan budaya Batak yang kental, wajib mengunjungi desa wisata Tomok. Anda bisa melihat berbagai macam adat tradisional dari Batak, seperti rumah adatnya, patung Sigale-gale, hingga pemakaman kuno para Raja Batak.

Bukan hanya itu, jika Anda beruntung para wisatawan yang datang ke desa ini bisa disambut oleh tarian Tor Tor oleh masyarakat setempat.

4. Pulau Tulas

Pulau Tulas memiliki keindahan hamparan padang rumput hijau yang dipadukan dengan pemandangan Danau Toba. Maka, saat Anda mengunjungi Sumatra Utara tempat wisata yang ada di Danau Toba ini jangan sampai terlewat.

Apalagi, pulau ini termasuk pulau terbesar ketiga di Danau Toba setelah Pulau Samosir dan Pulau Sibandang. Tempat ini memiliki tiga spot foto yang estetik, yaitu di Bukit Burung atau Bukit Simarharangan, Simaningkot Hotanghotang, dan di Bukit Simargolang Dusun Panjaitan Siboro.

Jika Anda tidak mau ribet, bisa menyewa jasa angkutan boat dari Pandulangan, Tulas, dan Pasir Putih Parbaba dengan harga antara Rp300.000 sampai Rp600.000 untuk jasa antar dan jemput tersebut.

5. Kebun Bunga Sapo Juma Tongging

Kebun Bunga Sapo Juma Tongging menyediakan bunga-bunga cantik yang memanjakan mata. Sapo Juma ini sebenarnya adalah villa yang menghadap ke Danau Toba, namun dikelilingi oleh taman bunga yang sangat cantik.

Tempat ini memiliki banyak spot-spot estetik yang membuat Anda merasa sedang berada di Belanda. Anda bisa menikmati keindahan hamparan bunga berwarna-warni dari jenis bunga yang beragam. Apalagi, suasananya yang sejuk dan asri sangat cocok untuk healing dari hiruk pikuk Ibu kota.

6. Lembah Bakkara

Berada di Desa Bakarra, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, lembah ini menjadi tanah kelahiran Sisingamangaraja. Jika dari Danau Toba berada di Barat Daya Danau Toba dan diapit dua bukit.

Selain itu, terdapat banyak air terjun, seperti air terjun Aek Sipangolu yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit, air terjun Janji setinggi 50 meter dan air terjun lainnya. Anda  juga bisa melihat keindahan Danau Toba dari ketinggian 1.400 mdpl melalui geosite Sipinsur.

7. Pusuk Buhit Samosir

Bukit ini berada di Pulau Samosir pada  ketinggian 1.982 mdpl. Pusuk Buhit sendiri adalah gunung yang disakralkan oleh masyarakat Batak lantaran Si Raja Batak dipercaya turun ke bumi dari kahyangan di kaki gunung tersebut.

Keindahan bukit tersebut seperti Selandia Baru. Anda bisa menikmati hamparan bukit hijau sembari merasakan udara segar dari Danau Toba yang sangat indah.

8. Pemandian Air Panas Aek Rangat Pangururan

Bagi Anda yang ingin rehat merilekskan tubuh dari penatnya rutinitas, bisa menikmati pemandian air panas untuk menyegarkan badan dan pikiran.

Tempat ini berada di lereng gunung Pusuk Buhit, dan air panasnya berasal dari batuan kapur berwarna putih yang dialirkan ke kolam yang dikelola langsung oleh penduduk dan pemerintah Samosir.

Untuk berendam di sini, Anda tidak dikenakan biaya sepeserpun. Namun, sebaiknya Anda memesan makanan atau minuman yang disediakan oleh penduduk setempat untuk membantu ekonomi setempat.

Itulah tempat wisata yang ada di Danau Toba, silakan pilih yang dikunjungi terlebih dahulu saat Anda berlibur ke daerah Sumatera Utara ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button