Wisata

8 Tempat Wisata Kuningan Jawa Barat Untuk Berakhir Pekan

Wisata Kuningan Jawa Barat menyajikan pesona yang tak kalah menarik dibandingkan dengan kota-kota lain di Indonesia. Berlokasi di sisi timur Jawa Barat, Kuningan berada di wilayah strategis yang menghubungkan Cirebon dengan Priangan Timur, serta Bandung-Majalengka dengan Provinsi Jawa Tengah.

Mulai dari curug, danau, hingga beragam wisata air yang seru, Kuningan memiliki daya tarik unik yang membuatnya jadi destinasi sempurna untuk berakhir pekan. Kalau begitu, apa saja ya tempat wisata di Kuningan yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga ataupun teman-teman akhir pekan nanti? Simak rekomendasinya berikut ini.

Objek Wisata Cibulan

Lokasi ini merupakan tempat tujuh sumur di kaki Gunung Ciremai. Konon, Cibulan merupakan petilasan Prabu Siliwangi yang digunakan untuk bersuci sebelum ia bersemedi.

Di sini, Anda bisa temukan dua kolam besar yang diisi ikan-ikan keramat, atau disebut sebagai ikan dewa. Hanya saja, ikan-ikan tersebut tidak bisa ditangkap karena menurut kisah yang beredar, ikan-ikan tersebut merupakan jelmaan para prajurit Prabu Siliwangi.

Curug Putri Palutungan

Gunung CIremai yang berada di Kuningan masih menyimpan banyak harta karun wisata alam yang memesona. Salah satunya adalah Curug Putri Palutungan, yang menyajikan pemandangan alam yang sungguh memikat sekaligus menenangkan.

Dalam perjalanan menuju curug saja, Anda akan langsung disuguhi panorama sekaligus suasana alami yang jelas tidak akan bisa Anda temui di kota besar. Dan rasa lelah selama perjalanan dijamin terbayar tuntas begitu Anda sampai di lokasi curug berada, dengan pemandangan sekaligus udaranya yang tentu menyegarkan.

Kebun Raya Kuningan

Di Kuningan, Anda juga bisa temukan kebun raya yang lokasinya berada di sisi sebelah utara Gunung Ciremai. Di kawasan seluas 176 hektar ini, Anda bisa temui beragam flora dan fauna untuk menemani Anda dan keluarga selama berlibur di akhir pekan.

Lokasinya yang jauh dari hiruk-pikuk keramaian kota, ditambah dengan suasana alami yang sejuk dan asri jelas bisa segarkan kembali pikiran Anda. Dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau, destinasi wisata Kuningan Jawa Barat yang satu ini buktikan kalau healing tak perlu mahal.

Telaga Biru Cicerem

Selain Curug Putri Palutungan, Kuningan masih punya banyak pilihan wisata alam air lainnya, seperti Telaga Biru Cicerem ini. Di sini, Anda bisa temukan telaga dengan air berwarna kebiruan yang masih sangat jernih. Makanya, Anda bisa lihat dengan jelas ikan-ikan yang tinggal di dalamnya tanpa harus menceburkan diri sekalipun.

Dengan kedalaman hanya sekitar 4-5 meter saja, Anda pun bisa berenang di sini sambil berinteraksi secara langsung dengan ikan-ikan tersebut. Atau Anda bisa duduk-duduk santai sambil piknik di tengah alam, atau mencelupkan kaki sambil bermain air.

Sukageuri View

Ketika Anda berkunjung ke Curug Putri Palutungan, sempatkan diri untuk mampir ke destinasi wisata yang satu ini. BErlokasi di Bukit Sukageuri yang masih ada dalam kawasan Gunung Ciremai, Sukageuri View merupakan wisata alam tempat Anda bisa menikmati pemandangan cantik ala Kuningan sepuasnya.

Jajaran perbukitan yang tersebar di penjuru horizon, ditambah dengan hijaunya pepohonan dan deretan awan yang cantik tentunya pemandangan yang tak bisa Anda lewatkan begitu saja. Ditambah lagi, udaranya yang sejuk dan segar tentu saja bisa buat pikiran Anda jadi lebih plong.

Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC)

Ingin mencoba menjelajahi Gunung Ciremai sambil berakhir pekan dengan teman-teman? Kalau iya, kunjungan ke TNGC tentu saja merupakan kesempatan yang harus Anda manfaatkan mumpung mampir ke Kuningan.

Di sini, Anda bisa trekking ataupun mendaki Gunung Ciremai menapaki jalur yang sudah disediakan. Aktivitas ini juga bisa dilakukan oleh pendaki pemula sekalipun karena medannya yang jauh dari kata ekstrem. Alternatif liburan akhir pekan yang menarik, terutama bagi Anda yang memang belum pernah naik gunung sebelumnya, kan?

Curug Landung

Tak hanya Sukageuri View saja, di dekat Curug Putri Palutungan juga ada destinasi wisata curug lainnya, yaitu Curug Landung. Di sini, Anda akan bisa temui air terjun alias curug setinggi 30 meter yang mengalir menuju aliran sungai nan jernih.

Dan seperti halnya wisata curug atau air terjun lainnya, udara di sini begitu sejuk dan bersih. Ditambah dengan suara gemuruh curug dan percikan airnya, suasana di sini pun terasa begitu menyegarkan. Anda bisa habiskan waktu bermain air, berfoto-foto di atas bebatuan alam yang menambah keindahan tempat ini, atau bersantai di gazebo yang tersedia bagi para pengunjung.

Telaga Remis

Selain Telaga Biru, Kuningan juga masih punya Telaga Remis. Di sini, pemandangan telaga yang jernih dan tenang dikelilingi oleh hutan hijau yang masih sangat terjaga dengan baik.

Sayangnya, Anda tidak bisa berenang di Telaga Remis karena adanya tumbuhan dan ganggang yang membuat kulit gatal. Meski begitu, masih ada banyak aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di sini, termasuk naik sepeda air untuk mengelilingi telaga.

Itu tadi rekomendasi 8 destinasi wisata Kuningan Jawa Barat. Mana lokasi yang jadi tujuan utamamu di akhir pekan nanti?

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button