Wisata

7 Rekomendasi Tempat Healing Di Kawasan Wisata Bawah Laut Basilika

Sebagai salah satu kawasan wisata bahari di Indonesia, Pulau Sulawesi memiliki objek wisata bawah laut Basilika yang sangat mengagumkan. Kawasan wisata bawah laut tersebut tepatnya ada di Pulau Buton, sebuah pulau di Sulawesi berpemandangan indah dan memiliki cerita mitos masyarakat lokal. Berikut merupakan 7 destinasi wisata bawah laut di Pulau Buton yang direkomendasikan untuk dikunjungi!

1. Bawah Laut Basilika

Bagian keindahan yang ditawarkan oleh Pulau Buton yang pertama adalah wisata bawah laut Basilika. Di sana berbagai kekayaan bahari yang menakjubkan tersaji dengan indah di depan mata. Mulai dari ikan, karang, dan jenis-jenis biota laut lainnya dapat Anda temukan di Basilika.

Karena dikenal dengan pemandangan bawah lautnya yang sangat memesona, maka tak heran jika wisatawan yang datang ke sini kebanyakan memiliki tujuan untuk diving. Tak hanya untuk profesional, banyak juga pemula yang didampingi oleh instruktur. Perlu Anda ketahui, kawasan Basilika sendiri juga merupakan gugusan kepulauan dengan keanekaragaman biodiversity.

2. Pantai Nirwana

Kawasan wisata berikutnya adalah Pantai Nirwana yang letaknya tidak jauh dari kota Bau-Bau. Saking indahnya pantai yang satu ini sampai dijuluki surga dunia oleh para kaum wisatawan. Pantai dengan pemandangan memesona ini merupakan salah satu destinasi wisata kebanggan Kota Bau-Bau.

Tak hanya indah, akses menuju lokasi pun juga sangat murah dan mudah karena memang letaknya tidak jauh dari pusat kota. Pun juga dengan fasilitasnya, sudah pasti sangat lengkap dan modern. Jika berkunjung ke sana Anda dapatĀ  melakukan berbagai aktivitas menarik, satu di antaranya adalah menikmati indahnya pemandangan bawah laut dengan cara snorkeling.

3. Pulau Ular (Pulau Liwutongkidi)

Adapun rekomendasi tempat wisata lain di kawasan Basilika adalah Pulau Liwutongkidi atau lebih dikenal dengan Pulau Ular. Lokasi ini sudah lama menjadi destinasi kaum wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak perlu khawatir dengan fasilitas yang ditawarkan, pulau ini sudah sangat memadai dan layak untuk dikunjungi.

Ragam aktivitas dapat dilakukan di tempat ini, terutama dengan aktivitas yang erat kaitannya dengan dunia bawah laut. Yang menjadi aktivitas andalan kaum wisatawan adalah menyelam. Namun, tak hanya itu wisatawan yang tak suka dengan menyelam bisa melakukan aktivitas lain seperti berenang dan bersantai keliling pulau.

4. Pantai Katembe

Berada di daerah Madongka, Kecamatan Lakudo, Buton Tengah pantai ini dikelola langsung oleh Pemerintah dengan sertifikat wisata yang sah. Di pantai ini juga melekat sebuah mitos, konon pada zaman dahulu ada seorang ibu yang nekat melompat meninggalkan anaknya dan menjadi duyung.

Hal menarik lain yang menjadi daya tarik wisata bahari di antaranya adalah pasir pantai dengan dua warna, airnya yang jernih, serta terdapat sumur yang menyimpan cerita legenda. Untuk Anda yang berkeinginan menikmati sajian alami dan eksotis, cukup dengan menyiapkan uang sebesar Rp5000,- untuk bisa masuk ke area tersebut.

5. Taman Nasional Wakatobi

Siapa yang tidak kenal dengan tempat wisata yang satu ini? Tak hanya dikenal kaum wisatawan dari dalam negeri, Wakatobi ini juga sudah dikenal luas oleh wisatawan mancanegara. Wisata Wakatobi juga tidak kalah keren dengan wisata laut Basilika, Wakatobi juga memiliki pemandangan bawah laut yang sangat memesona. Tak sedikit wisatawan asing berbondong-bondong datang ke Wakatobi pada saat musim panas hanya untuk menyaksikan keindahan bawah lautnya.

Kelestarian bawah laut Wakatobi juga dikenal sangat terjaga, sehingga terumbu karang bisa tumbuh dengan baik. Perlu Anda ketahui sebenarnya Wakatobi sendiri merupakan singkatan dari empat pulau yakni, Wanci, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Keempat pulau tersebut merupakan sasaran para penyelam untuk menikmati keindahan bawah laut.

6. Tanjung Pamali

Destinasi wisata ini tepatnya ada di Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton. Pulau ini memiliki destinasi wisata yang terkenal yang namanya Pantai Lakadao. Sama halnya dengan wisata bawah laut Basilika dan Wakatobi, Pantai Lakadao juga terkenal dengan keindahan bawah laut yang memesona. Pemerintah daerah setempat saat ini menjadikan lokasi ini sebagai wilayah konservasi adat, sehingga semua ekosistem di sana terjaga dengan sangat baik.

7. Pulau Batuatas

Diketahui sebagai pulau terluar dan yang paing jauh dari Kabupaten Buton Selatan, pulau ini dikenal memiliki beragam binatang laut yang unik dan cantik. Tak hanya itu, Pulau Batuatas juga masuk dalam kategori destinasi wisata populer di Sulawesi Tenggara.

Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di sana di antaranya adalah menyelam dan beranang. Terumbu karang di kawasan wisata ini juga terawat dengan baik. Oleh karena itu tidak heran jika banyak kaum wisatawan menyebut pulau ini sebagai replika dari Maldives.

Bagaimana, apakah Anda sudah memiliki gambaran akan berlibur ke kawasan wisata bawah laut Basilika di atas? Sebelum memutuskan pergi ke salah satu destinasi, pastikan Anda telah menghubungi pihak tour and travel yang beroperasi di sana untuk mempermudah perjalanan Anda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button