Wisata

7 Destinasi Wisata Di Sikka, Flores Untuk Para Pecinta Alam

Pengin bertualang ke Nusa Tenggara Timur, tetapi belum menemukan objek wisata yang sesuai? Tak kalah indah dari tetangganya Nusa Tenggara Barat, NTT menyimpan sejumlah lokasi memukau yang wajib masuk ke wishlist Anda. Sebagai rekomendasi, destinasi wisata di Sikka, Flores dapat menjadi titik awal menjelajahi provinsi tersebut.

Rekomendasi destinasi wisata di Sikka, NTT

Bertempat di Kota Maumere, Sikka merupakan kabupaten yang menawarkan aneka tempat wisata. Baik yang bertemakan alam, kuliner, hingga sejarah. Khusus bagi Anda yang ingin melihat keindahan alam di Sikka, berikut tujuh destinasi yang patut Anda sambangi!

1. Tanjung Kajuwulu

Tanjung Kajuwulu termasuk destinasi wisata di Sikka, Flores, yang difavoritkan wisatawan dari berbagai daerah dan kota di Indonesia. Di sini, Anda akan disuguhkan pemandangan mengesankan dari bentangan bukit hingga lautan. Untuk menjangkaunya, Anda bisa menempuh perjalanan selama 30 menit dari Maumere menuju Desa Magepanda.

Waktu terbaik untuk menyaksikan keindahan Tanjung Kajuwulu adalah menjelang matahari terbit maupun terbenam. Kadang Anda akan bertemu wisatawan lain yang ingin mengabadikan momen tersebut. Jangan lupa siapkan kamera untuk memotret.

2. Pantai Koka

Destinasi wisata di Sikka, Flores, berikutnya adalah Pantai Koka. Lokasinya yang tak jauh dari Maumere membuatnya mudah dijangkau penduduk lokal maupun wisatawan dari luar NTT. Pantai Koka dikenal akan pasir pantainya yang bersih dengan air laut yang jernih. Uniknya lagi, terdapat tebing karang yang terlihat seperti ‘pagar’ di sekitar pantai.

Dari kejauhan, Anda dapat dua teluk kecil yang berpadu dengan pulau kecil yang membentuk tanjung. Sementara di tengah laut, terdapat pulau karang kecil bernama Pulau Koka yang konon katanya menjadi tempat bersemayam ular laut loreng dan tak boleh dibunuh.

3. Desa Doka

Bagi Anda yang ingin melihat kehidupan warga sekitar, luangkan waktu mengunjungi Desa Doka. Berlokasi di Kecamatan Bola, desa ini dikenal akan produksi tenun kainnya yang memesona. Hal ini tak terlepas dari fakta bahwa penduduknya menguasai keterampilan menenun kain tradisional bercorak indah. Bahan-bahannya pun diambil dari alam sekitar pedesaan.

Sejak 2010, Desa Doka sebagai destinasi wisata di Sikka, Flores menjadi pusat atraksi yang ditampulkan Cletus Lopez, putra Cornelis Djawa. Anda bakal disambut berbagai jenis tarian dan pertunjukan tak terlupakan. Termasuk jamuan makanan dan minuman khas Flores.

4. Gunung Ego

Gunung Ego adalah destinasi wisata yang menjadi tujuan favorit para pecinta kegiatan menantang. Berketinggian 1.703 mdpl, gunung ini semakin banyak pengunjungnya selepas pemberlakuan New Normal. Meski begitu, Anda tetap harus mematuhi protokol kesehatan dan aturan yang guide berikan saat akan memandu pendakian.

Untuk mulai mendaki, Anda yang pergi dari Maumere perlu menempuh perjalanan ke Desa Egon menuju titik pendakian Andalan. Pendaki pemula yang hendak menjelajahi destinasi wisata di Sikka, Flores ini pun alangkah baiknya menggunakan guide treking setempat yang lebih berpengalaman.

5. Pemandian air panas Blidit

Berendam di air panas akan terasa nikmat setelah seharian jalan-jalan. Di Sikka, Anda bisa datang ke pemandian air panas Blidit buat mendapatkan pengalaman tersebut. Bukan cuma berendam, para wisatawan juga akan mendapat pemandangan alam yang spektakuler. Belum lagi susunan batu kalinya yang tampak indah sekaligus berfungsi menampung aliran air dingin dan panas yang bersisian.

Tertarik datang ke destinasi wisata di Sikka, Flores ini? Anda bisa memulai perjalanan dari timur Maumere dengan kendaraan menuju Desa Egon selama 25 menit. Dari sini, Anda tinggal mengikuti penunjuk jalan yang mengarah ke pemandian air panas Blidit.

6. Pulau Koja Doi

Lokasi wisata lain yang dapat Anda kunjungi di Sikka buat melihat matahari terbit dan tenggelam adalah Pulau Koja Doi. Di sini, terdapat Jembatan Batu dan Bukit Batu Purba yang wisatawan incar untuk menyaksikan fenomena tersebut. Hanya saja untuk menjangkaunya, Anda harus menaiki perahu motor dari Pelabuhan Penyeberangan Naghale.

Sesampainya di destinasi wisata di Sikka, Flores, Anda bisa pergi ke Bukit Batu Purna di sekitar perkampungan atau menyeberangi Jembatan Batu. Bahkan Anda bisa menikmati keindahan Teluk Maumere yang permukaannya menyerupai lantai kaca.

7. Situs artefak Jong Dobo

Terakhir ada Jong Bodo, sebuah situas artefak berbentuk perahu yang terbikin dari tembaga berukuran 60 cm, lebar 12 cm, serta tinggi 25 cm. Situs yang berlokasi di Dusun Dobo, Kecamatan Kewapante ini konon muncul dari sebuah kutukan akibat adanya pelanggaran perjanjian untuk meninggalkan Kampung Dobo sebelum matahari terbut.

Situs artefak Jong Dobo di jaga juru kunci bernama Sergius Moa. Tempatnya yang berada di kawasan hutan kecil memberikan pengalaman tak terlupakan bagi wisatawan yang berikunjung ke objek wisata bersejarah tersebut.

Semoga Anda menemukan destinasi wisata di Sikka, Flores yang sesuai!

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button