Wisata

6 Rekomendasi Tempat Wisata Trekking Sekitar Jogja Untuk Liburan Sambil Olahraga

Untuk kamu yang hobi trekking dan berencana untuk liburan ke Jogja dalam waktu dekat ini, sudah tahukah kamu kalau ada banyak rekomendasi tempat wisata trekking sekitar Jogja yang bisa kamu kunjungi? Dengan begitu, kamu bisa nikmati liburan seru di Jogja sambil tetap melakukan aktivitas favoritmu.

Liburan sambil trekking memang bisa jadi pilihan kegiatan yang seru. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa melakukannya bersama keluarga ataupun teman-teman karena ada banyak lokasi trekking di Jogja yang landai dan medannya mulus, kok.

Kalau begitu, apa saja ya lokasi wisata trekking sekitar Jogja yang bisa kamu jelajahi? Yuk intip dulu daftar rekomendasinya berikut ini!

Gunung Nglanggeran

Dulunya merupakan gunung api purba, Gunung Nglanggeran saat sudah tak lagi aktif. Di sini, kamu bisa temukan bentangan tebing cantik nan eksotis yang terbentuk dari material vulkanik. Sekilas, pemandangannya bisa mengingatkanmu pada Pandora, dunia cantik yang ada di dalam film Avatar besutan James Cameron.

Untuk bisa sampai di puncak, Anda harus menempuh medan yang karakteristiknya berbeda-beda. Ada yang tanah berbatu menanjak, lorong sempit, sampai harus memanjat tangga kayu. Meski begitu, semua perjuangan Anda akan langsung terbayar tuntas begitu Anda sampai di puncak karena panoramanya memang tak tertandingi.

Puncak Widosari

Lokasi wisata wisata trekking sekitar Jogja yang satu ini merupakan salah satu puncak yang ada di Perbukitan Menoreh yang terletak di perbatasan Provinsi DIY dengan Kabupaten Purworejo. Dan kalau Anda mencari lokasi trekking yang medannya mulus untuk dinikmati bersama teman-teman, Puncak Widosari bisa jadi destinasi yang tepat.

Di sini, jalur trekking-nya mulus karena sudah ada paving block. Jadi, Anda hanya perlu mengikuti jalur paving block-nya saja untuk tiba di puncak. Dan begitu Anda sampai di puncaknya, Anda akan bisa menikmati pemandangan bukit yang terhampar ke penjuru arah. Ditambah lagi, ada batu berukuran besar di puncaknya yang jadi salah satu objek foto favorit para pengunjung.

Air Terjun Sri Gethuk

Beda dengan dua rekomendasi di atas, destinasi yang satu ini akan mengajak Anda trekking menuju wisata air terjun yang cantik. Dan rute trekking-nya sendiri juga akan membawa Anda menuju kawasan persawahan milik warga sekitar yang terbentang luas.

Meski begitu, trekking bukanlah satu-satunya aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini. Kalau Anda datang bersama keluarga dan ingin menghabiskan waktu bersama, Anda bisa coba naik rakit bersama ataupun bermain air. Selain itu, ada juga body rafting yang akan membawa Anda mengikuti arus singai sampai titik keberangkatan, flying fox, hingga rappelling, lho!

Bukit Pengilon

Tempat wisata trekking sekitar Jogja yang satu ini sangat unik karena Anda bisa temukan bukit, pantai, dan laut dalam satu paket. Soalnya, Bukit Pengilon yang ada di Kabupaten Gunungkidul ini memang berlokasi di pesisir pantai. Dan di puncaknya, Anda bisa temukan padang rumput hijau cantik.

Untuk bisa mencapai tempat ini, Anda perlu melewati jalan setapak yang bermula dari Pantai Watu Lumbung terlebih dahulu. Sejak keberangkatan sampai tiba di puncak bukti, pemandangan pantai dan laut akan terus menemani Anda.

Hutan Pinus Pengger

Lokasi wisata yang satu ini juga bisa jadi pilihan trekking dengan medan yang landai dan tidak ekstrem sehingga cocok dikunjungi jika Anda berlibur bersama keluarga. Dan setibanya Anda di sini, ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama-sama.

Salah satu yang paling populer adalah foto-foto dari ketinggian dengan background pemandangan alam memanfaatkan properti yang telah disediakan. Properti-properti tersebut terbuat dari kayu dan akar buatan tangan dengan bentuk-bentuk unik. Selain itu, Anda juga bisa bersantai di hammock, menikmati pemandangan sunset, hingga camping sambil menghabiskan malam di sini, lho!

Bulak Pronosutan

Apabila kamu sedang penat dan ingin menghirup udara segar, Bulak Pronosutan yang ada di Desa Pronosutan, Kabupaten Kulon Progo bisa jadi pilihan tempat untuk “kabur” yang pas. Di sini, Anda bisa berjalan santai, jogging, atau lari di atas jalur yang membelah kawasan persawahan nan luas.

Sambil bersantai, Anda bisa berinteraksi pula dengan warga sekitar yang sedang bekerja di sawah dan menikmati pemandangan perbukitan hijau yang mengelilingi desa. Dan jika Anda sudah merasa kelaparan, tenang saja karena ada beberapa warung di sekitar dengan sajian menu tradisional yang bisa meredakan rasa lapar di perut.

Buat Anda yang mengklaim diri sebagai petualang, tentu saja wisata trekking adalah aktivitas yang wajib dijajal. Karena itu, semoga daftar di atas bisa membantu Anda membuat rencana liburan yang seru dan tetap sehat, ya! Dan dari 6 rekomendasi tempat wisata trekking sekitar Jogja di atas, mana yang paling membuat Anda penasaran?

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button