Wisata

6 Lokasi Wisata Magelang Yang Wajib Anda Kunjungi Selain Candi Borobudur

Siapa yang tidak ingin melakukan liburan? Tentu semua menginginkan liburan, apalagi bagi anda yang selalu sibuk bekerja, liburan menjadi hal yang sangatlah penting. Jika anda suka melakukan liburan ke tempat yang memiliki nilai budaya dan sejarah, 6 Destinasi Kaya Sejarah di Magelang untuk Liburan yang Lebih Berwarna dapat anda jadikan sebagai tujuan berlibur.

Destinasi wisata kota Magelang

Destinasi wisata kota Magelang tentunya menawarkan berbagai keindahan alam dan juga tempat. Jika anda merindukan nuansa panorama alam yang memukau, anda tentu dapat mencoba wisata alam. Sementara jika anda ingin singgah sejenak, anda dapat memilih wisata kota, wisata tempat bersejarah, atau bahkan berkunjung ke kafe yang sedang hits.

Bicara mengenai Kabupaten Magelang, yang sama saja dengan berbicara mengenai unsur nature dan budaya yang istimewa. Wisata di Kabupaten Magelang yang memiliki nilai budaya tak hanya tentang Candi Borobudur saja, tetapi ada juga tempat lainnya yang cantik dari nature dan masih juga masih memiliki kekentalan budaya daerahnya. Berikut beberapa daftar lokasinya :

1. Desa Wisata Candirejo

Lokasi wisata yang satu ini, anda dapat menyatu bersama masyarakat lokal di Magelang bersamaan dengan menikmati kehidupan desa. Banyak orang yang tentu merasa ‘kangen dengan suasana desa’ dan ingin merasakan kehidupan desa. Di Desa Wisata Candirejo, anda tentu dapat merasakannya.

Di tempat wisata ini, anda akan langsung merasakan kehidupan desa yang sederhana dengan adanya hamparan sawah yang subur. Selain itu, anda juga dapat melihat berbagai macam atraksi budaya dan juga pembuatan kerajinan tangan yang menjadi kebiasaan rutin masyarakat di desa Candirejo dalam kehidupan sehari-hari.

2. Gereja Ayam

Jika mendengar kata Gereja, tentunya Gereja identik dengan bangunan megah khas Eropa. Namun, Gereja Ayam yang ada di Magelang ini cukup berbeda dengan gereja kebanyakan. Bangunan Gereja Ayam ini desain bangunannya berarsitektur unik mirip dengan ayam.

Asal usul bentuk Gereja unik ini benar-benar memiliki nuansa asik untuk ditelisik. Tidak heran banyak wisatawan yang mengunjungi Gereja Ayam ini untuk mengetahui asal usulnya. Tak jarang juga, para wisatawan juga mengabadikan momen langka saat mengunjungi Gereja Ayam yang menjadi Gereja terunik di dunia. Gereja Ayam tentu menjadi salah satu dari 6 Destinasi Kaya Sejarah di Magelang untuk Liburan yang Lebih Berwarna.

3. Klenteng Liong Hok Bio

Hal yang tentunya tidak boleh dilewatkan ketika anda berada di Magelang adalah datang ke Klenteng Liong Hok Bio. Klenteng ini menjadi salah satu bangunan paling mencolok di jantung kota Magelang. Keberadaan Klenteng Liong Hok Bio bukan tanpa sebab, namun keberadaannya menjadi bagian dari sejarah berkembangnya perekonomian dan budaya yang ada di Kabupaten Magelang.

Nah, tempat wisata Kelenteng ini menjadi tempat yang populer dikunjungi dan tentu memiliki nilai budaya yang tinggi. Dengan datang ke jantung kota dan masuk mengunjungi ke Klenteng Liong Hok Bio untuk menyusuri sejarah perkembangan budaya di Magelang, tentunya akan memberikan kesan bahagia tersendiri bagi anda yang berlibur dengan tujuan untuk lebih mengenal budaya yang ada di Magelang.

4. Kereta Uap Ambarawa

Anda yang ingin mengetahui dan merasakan nuansa budaya sejarah di Magelang, tentu juga wajib mengunjungi lokasi Kereta Uap Ambarawa. Dengan masuk ke lokasi wisata ini, anda akan dapat merasakan pengalaman menaiki kereta yang tentunya paling bersejarah di Indonesia

Kereta Uap Ambarawa letaknya tidak jauh dari Kabupaten Magelang. Tempat wisata Kereta Uap Ambarawa menjadi rekomendasi yang tepat untuk para wisatawan yang ingin merasakan sensasi dan pengalaman menaiki kereta paling bersejarah di Indonesia.

Anda tidak perlu membalikkan waktu untuk dapat merasakan sensasi pengalaman langka ini. Hanya cukup mampir datang ke Museum Kereta di Ambarawa dan melakukan pembayaran tiket kereta uap, Anda akan dapat menaiki Kereta Uap dan melewati jalur kereta api, sembari pemandangan yang indah dari lokasi  Ambarawa-Bedono.

5. Candi Gedong Songo

Lokasi bersejarah selanjutnya adalah Candi Gedong Songo, yang merupakan tempat dengan nilai sejarah peninggalan Wangsa Syailendra. Di Candi Gedong Songo, anda bukan hanya berwisata sejarah dan dapat melihat pemandangan yang cantik. Tetapi anda juga dapat menginap di area perkemahan dan juga mandi di pemandian air panas yang ada di kompleks candi. Tentunya sangat asik sekali bukan?

6. Candi Pawon

Candi Pawon atau bisa disebut juga sebagai Candi Brajanalan menjadi Candi dengan corak agama Buddha yang lokasinya tidak jauh dari Candi Mendut menjadi lokasi wisata yang juga wajib anda kunjungi untuk dapat menikmati momen budaya dan sejarah Kabupaten Magelang. Candi Pawon ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan terbuat dari bebatuan dengan relief pada dindingnya bagaikan Candi Borobudur.

Itulah tadi beberapa lokasi lain Magelang yang juga masuk dalam 6 Destinasi Kaya Sejarah di Magelang untuk Liburan yang Lebih Berwarna. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button