Wisata

5 Wisata Yang Ada Di Kabupaten Dairi Ini Tidak Boleh Dilewatkan

Sumatra utara memiliki pesona wisata yang tidak kalah dengan daerah lain. Salah satu destinasi pariwisata andalan adalah Kabupaten Dairi. Kabupaten Dairi menawarkan suasana alam yang eksotis berpadu dengan kearifan lokal. Untuk menyambut masa liburan kali ini, ini dia 5 Wisata yang ada di Kabupaten Dairi.

5 Destinasi Wisata Kabupaten Dairi

Kabupaten Dairi adalah sebuah kabupaten yang terletak di Sumatra Utara. Kabupaten ini terletak di bagian barat laut dari provinsi Sumatra dengan ketinggian 700 sampai 1250 mdpl.

Dairi setidaknya memiliki 15 kecamatan dengan jumlah penduduk 318.616 pada tahun 2021. Dairi menyimpan banyak wisata potensial yang menjadi fokus pembahasan kita kali ini.

Ragam wisata yang tersebar di Dairi sangat bervariasi. Disini Anda bisa menemukan wisata alam, wisata edukasi, wisata religi, wisata edukasi, dan wisata-wisata lainnya.

Selain itu, nampaknya setiap tahun ada sektor wisata baru atau dimodifikasi. Sehingga pengunjung tidak akan bosan apabila berwisata di Kabupaten Dairi.

Berikut ini adalah 5 Wisata yang ada di Kabupaten Dairi:

1. Air Terjun Lae Pendaroh

Air terjun ini terletak di Bukit Sitinjo, Sidikalang, Dairi. Lokasi dari air terjun Lae Pendaroh terbilang unik, karena wisatawan tidak perlu melalui akses jalan yang sulit.

Air terjun ini menjadi salah satu spot foto favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Dairi. Lokasinya yang di pinggir jalan membuat pengunjung bisa dengan leluasa untuk mengambil foto.

Terkadang warna air terjun ini berubah menjadi merah akibat reaksi kimia alami. Humus dari lembah hutan dan akar pepohonan tergerus dan terbawa air. Hal tersebut menyebabkan warna air berubah menjadi merah darah.

2. Puncak Sidiangkat

Destinasi wisata ini menawarkan kopi Sidikalang ditemani dengan lanskap pemandangan alamnya. Setidaknya Anda bisa berfoto di 16 spot yang tersebar.

Pemandangan ini semakin lengkap apabila Anda menikmati pemandangan pada cuaca cerah. Anda bisa melihat barisan bukit dan puncak Gunung Sinabung yang berada di kabupaten Karo.

Dengan segala keindahan tersebut, Anda hanya perlu berjalan sejauh 8 km dari Sidikalang. Lokasi puncak Sidiangkat berada di Jalan Runding, Kelurahan Sidiangkat. Puncak ini terletak di perbatasan Kabupaten Dairi dengan Kabupaten Pakpak Bharat.

3. Danau Sicike-cike

Danau Sicike-cike atau biasa dikenal sebagai Taman Wisata Alam Sicike-cike merupakan objek wisata hutan lindung yang berisi flora dan fauna liar. Di dalam hutan lindung ini Anda bisa menikmati tiga danau dan satu air terjun.

Terletak pada Desa Lae Hole, Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi. Wisata ini sangat kental dengan suasana alamnya karena sedikit sekali ada campur tangan manusia. Saat menyusuri jalan, Anda bisa menikmati panorama hutan serta ditemani nyanyian burung dan suara-suara dari satwa lainnya,

Ketika Anda telah sampai Danau Sicike-cike, Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas seru. Mulai dari piknik bersama dengan keluarga sembari menikmati lanskap alam yang indah. Anda juga bisa bersantai di pondokyang disediakan oleh pengelola wisata.

4. Pemandian Alam Lau Timah

Kabupaten Dairi memiliki kolam alam bernama Lau Timah. Selain airnya yang jernih, pemandian ini dikenal berkhasiat dalam mengobati berbagai penyakit.

Danau lau timah terletak di Desa Renun, Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi. Akses jalan menuju pemandian alam ini terbilang masih belum baik. Namun, kabar baiknya Anda tidak perlu membayar biaya tiket masuk alias gratis. Anda hanya perlu membayar uang parkir sebesar Rp 2 ribu untuk motor, Rp 5 ribu untuk mobil.

Pengelola juga menyediakan zona camping bagi Anda yang ingin melakukan camping disini. Keindahan kolam dan alam yang ditawarkan begitu cantik. Apalagi air kolam Lau Timah begitu dingin dan menyegarkan.

5. Taman Wisata Iman

Taman Wisata Iman berlokasi di Desa Sitinjo, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi. Untuk taman ini sangat luas, sehingga banyak atraksi wisata termuat di dalamnya. Misalnya saja tempat peribadatan berbagai agama yang ada di Indonesia.

Anda bisa menemukan kuil, Vihara Saddhavadana, Gereja, dan Mesjid disini. Selain itu ada replika dari beberapa bangunan seperti Bahtera Nabi Nuh, Menara Babel, Gua Bunda Maria, dan patung ular sepanjang 50 meter.

Anda cukup membayar tiket sebesar Rp 15 ribu untuk menikmati berbagai macam atraksi wisata di Taman Wisata Iman. Karena taman ini sangat luas, waktu satu hari rasanya tidak cukup untuk menjelajahi semua atraksi wisata.

Oleh karena itu, disini tersedia penginapan dengan kisaran harga per malam mulai dari Rp 120 ribu. Sembari menginap Anda juga bisa menikmati pemandangan malam dari kota Sumbul.

Selesai sudah perjalanan mengenai 5 Wisata yang ada di Kabupaten Dairi. Daftar di atas hanya beberapa wisata saja yang tersedia di Kabupaten Dairi. Masih banyak wisata-wisata menarik lainnya yang menunggu kedatangan Anda. Selamat berlibur!

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button