Wisata

4 Destinasi Wisata Sumba Timur Yang Paling direkomendasikan Untuk Liburan Akhir Tahun

Destinasi wisata Sumba Timur tidak kalah menariknya dengan tempat wisata lainnya yang ada di wilayah Indonesia. Bahkan, wilayah Sumba Timur kini paling banyak dikunjungi oleh kalangan turis maupun wisatawan karena keindahannya yang begitu mempesona.

Pastinya ketika Anda berkunjung ke wilayah Sumba Timur ini akan terkagum-kagum dengan destinasi wisata yang ada di sini. Kira-kira di Sumba Timur ada objek wisata apa saja ya yang bisa dikunjungi ketika liburan akhir tahun nanti? Mari, simak informasinya hanya di artikel berikut ini ya!

1. Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu berlokasi di Kabupaten Sumba Timur, Kecamatan Kanatang, Desa Tanggedu. Keindahan Air Terjun Tanggedu ini sangat terjaga sekali sisi kealamiannya. Hal inilah yang membuat destinasi wisata Air Terjun Tanggedu banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar negeri.

Air Terjun Tanggedu sangat cocok bagi Anda yang ingin berpetualang, melakukan penelitian dari aspek geologinya, maupun sekedar menikmati pesona tempat wisata ini. Air Terjun Tanggedu ini bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk self healing dan menenangkan pikiran sejenak atau melakukan suatu terapi yaitu meditasi.

Tidak hanya keindahan yang terdapat pada lokasi maupun air terjunnya saja, namun susunan batuan pada Air Terjun Tanggedu ini juga begitu menarik perhatian. Daya tarik Air Terjun Tanggedu tersebut memiliki batuan yang bentuk susunannya seperti pada Grand Canyon yaitu berlapis-lapis.

Keberadaan Air Terjun Tanggedu yang terletak di tengah hutan ini semakin menyatu dengan alam yang masih asri. Anda pastinya tidak ingin pulang jika sudah berada di Air Terjun Tanggedu ini. Karena, bisa melepas lelah sejenak dengan merendamkan kaki maupun tangan atau berenang untuk menikmati sensasi Air Terjun Tanggedu tersebut.

2. Kampung Adat Rende

Lokasi tempat wisata Kampung Adat Rende yaitu berada di Kecamatan Umalulu, Desa Rende, Kabupaten Sumba Timur. Kampung Adat Rende ini merupakan salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi ketika ke Sumba Timur. Karena, dengan mengunjungi Kampung Adat Rende ini Anda bisa mengetahui bagaimana budaya dan adat istiadat di Sumba Timur tersebut.

Kampung Adat Rende ini disebut sebagai objek wisata warisan dari leluhur masyarakat Sumba Timur yang sangat eksotis dan selalu dijaga kelestariannya dengan baik. Anda akan menemukan rekam jejak sejarah zaman batu atau megalitikum di Kampung Adat Rende ini. Mulai dari makam yang terbuat dari batu, seni, budaya, dan cerita sejarah dari Sumba Timur.

Selain bisa menikmati suasana Kampung Adat Rende ini, Anda juga bisa melihat aktivitas sehari-hari yang dilakukan oleh masyarakat Sumba Timur seperti membuat kain tenun. Anda bisa mencoba belajar membuat kain tenun khas Sumba Timur dan membelinya untuk dijadikan sebagai cinderamata.

3. Bukit Tanarara

Destinasi wisata Sumba Timur selanjutnya adalah Bukit Tanarara yang sangat terkenal dan menjadi perbincangan di media sosial. Oleh karena itu, jangan sampai melewatkan objek wisata yang satu ini ya! Jangan lupa untuk mampir ke Bukit Tanarara ini ketika berlibur bersama keluarga ke Sumba Timur. Bukit Tanarara berada di Kecamatan Pandawai, Desa Maubokul, Kabupaten Sumba Timur.

Suasana perbukitan yang menyejukkan mata ketika dipandang ini membuat siapa saja tentunya sangat ini untuk berlama-lama di sini. Belum lagi semilir angin dan hijaunya Bukit Tanarara yang membuat hati terasa damai ini sangat direkomendasikan untuk Anda. Jangan lupa untuk mengabadikan beberapa momen foto bersama ya di Bukit Tanarara ini!

Jika Anda ingin merasakan sensasi ketenangan sambil melihat pemandangan yang sangat indah ini jangan ragu untuk datang ke Bukit Tanarara. Keindahan yang dimiliki oleh Bukit Tanarara ini tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata karena luar biasa bagusnya. Sehingga, tidak heran jika banyak turis maupun wisatawan yang berkunjung.

4. Bunga Sakura Sumba Timur

Bunga Sakura Sumba Timur merupakan Destinasi wisata Sumba Timur yang paling populer di kalangan wisatawan. Tempat wisata yang terletak di Kabupaten Sumba Timur ini menyimpan keindahan lain yaitu taman bunga sakura yang sangat memukau ini.

Bagi Anda yang ingin melakukan sesi foto prewedding di Sumba Timur bisa datang ke destinasi wisata Bunga Sakura Sumba Timur ini ya! Bunga Sakura Sumba Timur adalah taman sakura versi lokal yang ada di Indonesia, sehingga untuk bisa menikmati keindahan bunga sakura Anda dan keluarga tidak harus pergi ke Jepang.

Bunga Sakura Sumba Timur ini ada karena zaman dulu dibawa dan ditanam oleh tentara Jepang ke Sumba. Alhasil, hingga saat ini bunga sakura tersebut masih berdiri dengan kokoh dan selalu memancarkan pesona keindahannya kepada pengunjung. Untuk bisa melihat bunga sakura yang mekar di Sumba Timur ini, Anda wajib datang pada bulan September awal sampai bulan Oktober.

Demikianlah, empat rekomendasi destinasi wisata yang berada di wilayah Sumba Timur ini yang bisa Anda kunjungi ketika menyambut libur akhir tahun nanti. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa menjadi alternatif pilihan destinasi wisata Anda bersama keluarga.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button