Wisata

4 Aktivitas Seru yang Bisa Anda Lakukan Di Nepal Van Java Saat Liburan

Apakah kamu sudah berencana untuk mengunjungi Magelang dalam waktu dekat ini? Kalau iya, kamu perlu kunjungi Nepal Van Java untuk bersantai sejenak sambil menikmati kesejukan udara di lereng Gunung Sumbing.

Kenalan dengan Nepal Van Java

Tempat wisata yang satu ini sebenarnya merupakan sebuah kawasan pemukiman warga yang berada di lereng Gunung Sumbing, tepatnya di Dusun Butuh, Kecamatan Kaliangkring, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lantas, mengapa namanya bisa jadi Nepal Van Java, ya?

Rupanya hal ini dikarenakan lanskap pemukiman para penduduk yang terlihat bertumpuk lantaran kondisi geografis dusun tersebut. Dari kejauhan, “tumpukan” rumah tersebut mengingatkan wisatawan dengan pedesaan yang ada di Nepal, sehingga lahirlah nama Nepal Van Java alias Nepal-nya Jawa. Ditambah lagi, pemandangan tersebut disempurnakan oleh sosok Gunung Sumbing sebagai latar belakangnya.

Popularitas dusun ini kemudian membuatnya jadi viral dan sukses mendatangkan banyak wisatawan. Dan hal tersebut jadi salah satu alasan mengapa masing-masing rumah kemudian dicat dengan beragam warna, sehingga terlihat warna-warni menarik sebagai background foto.

4 Aktivitas Asik di Nepal Van Java

Kemudian, aktivitas apa saja ya yang bisa Anda lakukan setibanya di Dusun Butuh? Sebelum merencanakan liburan Anda di sana, simak dulu daftar kegiatan yang biasa dilakukan para turis yang berkunjung ke Nepal Van Java berikut ini.

1. Menikmati pemandangan pemukiman warna-warni yang unik

Tahukah Anda kalau awalnya Dusun Butuh sebenarnya adalah jalur pendakian Gunung Sumbing? Artinya, Dusun Butuh ini pada mulanya sama sekali bukan destinasi wisata seperti yang dikenal saat ini.

Hanya saja, begitu penduduk setempat mengecat rumah mereka dengan cat berwarna-warni, mulai banyak pendaki yang menyadari sisi lain nan unik dari daerah pemukiman ini. Ditambah dengan keasrian perkebunan yang mengelilingi dusun ini, tak heran jika foto-fotonya jadi viral dan sukses jadi magnet yang mendatangkan wisatawan.

Oleh karena itu, menyaksikan sendiri lautan rumah “bertumpuk” nan warna-warni yang dikelilingi hijaunya perkebunan dan pemandangan Gunung Sumbing yang berdiri kokoh jelas adalah salah satu hal wajib di Nepal Van Java.

2. Mengagumi panorama alam dengan lautan awan

Sebenarnya, Dusun Butuh ini cocok didatangi kapan saja, baik siang maupun malam. Hanya saja, jika Anda rela mengorbankan beberapa jam waktu tidur untuk datang ke sini sebelum matahari terbit, Anda bisa melihat pemandangan yang tak akan bisa Anda temukan di jam-jam lain.

Soalnya, sekitar waktu subuh adalah momen ketika lautan awan “menerjang” Nepal Van Java dengan pesona yang begitu menghipnotis dan membuat Anda serasa seperti negeri di atas awan. Tak hanya sampai situ saja, semburat kekuningan yang menerobos lewat lautan awan begitu matahari terbit juga merupakan pemandangan yang penuh pesona magis.

3. Berburu spot foto unik yang Instagramable

Melihat keindahan dusun ini, tentu saja tak heran kalau foto-foto jadi salah satu aktivitas wajib bagi para wisatawan. Masyarakat setempat juga menyediakan beberapa spot foto dengan pemandangan terbaik yang bisa Anda abadikan dan dipamerkan di media sosial.

Beberapa spot foto tersebut di antaranya adalah Teras Nepal Van Java, Gardu Pandang Lembah Nepal, Patung Naga, Taman Depok, Teras Masjid Baituttaqwa, dan Gardu Pandang Punthuk Nepal. Di masing-masing spot tersebut, Anda bisa berfoto dengan latar belakang Nepal Van Java yang berwarna-warni sekaligus hijaunya perkebunan dan pastinya Gunung Sumbing yang gagah.

4. Menjelajahi wisata kuliner masyarakat lokal

Setelah puas berpetualang menjelajahi Nepal Van Java, Anda bisa pulihkan kondisi fisik dan beristirahat sambil menikmati kuliner lokal. Di sini, Anda bisa dengan mudah temukan banyak warung milik masyarakat sekitar yang menyajikan santapan lezat.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa makan dan beristirahat sambil terus menikmati pemandangan Gunung Sumbing. Dan pastikan Anda juga berbelanja hasil tani masyarakat Desa Butuh. Misalnya seperti bawang putih, bawang lanang, dan cabai gendut untuk dibawa pulang, ya!

Harga Tiket Masuk Nepal Van Java

Makin mantap menambahkan Nepal Van Java ke dalam itinerary liburan Anda? Kalau iya, Anda juga perlu mengetahui harga tiket masuknya. Meski begitu, tenang saja karena harga tiket hingga biaya parkirnya sangat terjangkau, kok.

Berikut ini informasi terbaru tentang harga tiket masuk dan biaya parkir di Nepal Van Java:

  • Tiket masuk: Rp8.000 per orang
  • Parkir: Rp3.000 (sepeda motor) dan Rp10.000 (mobil)
  • Ojek: Rp10.000 s.d Rp30.000, sesuai dengan jarak lokasi tujuan
  • Masuk Teras Nepal Van Java: Rp2.000

Dan jika Anda juga berencana untuk mendaki Gunung Sumbing melalui jalur Dusun Butuh. Anda juga akan dikenai tambahan tiket sebesar Rp15.000 plus tarif fasilitas basecamp dan parkir Rp10.000.

Bagaimana, jadi semakin tak sabar untuk segera sampai di Nepal Van Java, kan?

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button