Wisata

3 Surga Tersembunyi Di Bumi Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat adalah salah satu tujuan wisata terbaik yang bisa Anda pilih untuk menghabiskan liburan bersama teman atau keluarga. Alasannya? Wisata Nusa Tenggara Barat menawarkan berbagai tempat indah dan seru untuk dikunjungi. Setiap tempat wisata di daerah ini akan memberikan pengalaman berbeda dan tak terlupakan.

Nah, kali ini, kita akan memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata terbaik di Nusa Tenggara Barat yang bisa Anda kunjungi. Ada banyak tempat di NTB yang sudah cukup terkenal, tidak hanya di kalangan turis lokal, tetapi juga dunia. Tetapi, kali ini, kita akan membawa Anda ke beberapa surga tersembunyi di daerah ini.

1. Pulau Paserang

Terletak di tengah Selat Alas, selat yang memisahkan Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa, pulau kecil ini adalah salah satu pulau unik dan surga tersembunyi di NTB yang bisa Anda kunjungi. Bentuknya hampir seperti lingkaran, dengan diameter sekitar 500 meter. Artinya, Anda dapat menjelajahi semua area di pulau kecil ini dengan berjalan kaki.

Kondisi alam disini mirip dengan padang savana di Pulau Sumbawa. Saat musim kemarau, rumput menguning dan menghadirkan pemandangan yang sangat indah, apalagi bila Anda menikmatinya saat matahari terbenam. Niscaya, Anda akan terbuai dan lupa dengan persoalan dunia.

Selain itu, laut disekitar Pulau Paserang juga sangat tenang. Cocok untuk dijadikan tempat snorkeling, berenang, atau menyelam. Ditambah lagi, pemandangan bawah laut dan flora fauna yang hidup didalamnya cukup beragam. Dijamin, Anda akan terpuaskan dengan keindahannya.

Tidak ada tempat menginap di Pulau Paserang. Memang, ada beberapa pondok yang tengah dibangun. Tetapi, belum selesai karena ada masalah lisensi. Jadi, Anda hanya bisa mengunjungi tempat ini selama sehari, lalu kembali ke Lombok atau Sumbawa, di hotel tempat Anda menginap.

2. Pantai Selong Belanak

Terletak di Selatan Pulau Lombok, tepatnya 60 kilometer Selatan Kota Mataram, Pantai Selong Belanak adalah tujuan Wisata Nusa Tenggara Barat Anda selanjutnya. Mungkin Anda mengira bila hanya Gili Trawangan yang memiliki pantai yang indah. Jangan salah, Pantai Selong Belanak tidak kalah indah.

Untuk mencapai pantai indah ini, Anda perlu melewati jalan yang cukup menantang. Terjal dan meliku, membawa Anda ke nuansa petualangan sebenarnya. Tempat yang Anda tuju adalah Desa Selong, pada pantai ini berada.

Garis pantai di Pantai Selong Belanak terbilang cukup panjang. Lalu, jarak antara bibir pantai dan daratan juga cukup jauh, sekitar 15 meter. Pantainya sendiri cukup bersih dan putih. Coba lepas alas kaki Anda untuk merasakan nyamannya berjalan di pasir lembut pantai ini.

Selain pemandangan indah dan pasir putih, keunikan Pantai Selong Belanak adalah ombaknya. Percaya atau tidak, di pantai ini terdapat dua jenis ombak. Pada bagian Barat, ombaknya cukup besar. Karena itu, banyak orang yang berselancar di bagian ini. Sedangkan di bagian Timur, ombaknya terbilang cukup tenang. Anda bisa bermain dan berendam bersama keluarga dan teman ke tempat ini.

Bila Anda lapar, jangan khawatir! Anda cukup berjalan ke daerah belakang pantai. Anda akan menemukan banyak rumah makan dengan berbagai jenis kuliner. Dan, bila Anda ingin menghabiskan lebih banyak waktu di tempat ini, ada pula tempat penginapan.

3. Air Terjun Mata Jitu

Air Terjun Mata Jitu terletak di Pulau Moyo, pulau kecil di Utara Sumbawa. Atau, bila diukur jaraknya dari pusat kota Sumbawa Besar, tempat wisata ini hanya berjarak 21 kilometer. Cukup dekat, tapi apakah mudah dijangkau? Jawabannya adalah tidak.

Air Terjun Mata Jitu terletak di tempat yang cukup tersembunyi, di tengah hutan Pulau Moyo. Anda perlu berjalan menembus hutan untuk mencapai tempat ini. Kondisi fisik yang bagus sangat membutuhkannya agar Anda tidak mengalami masalah saat mengunjungi air terjun ini. Tetapi, sesampai disana, semua lelah Anda akan terhapus oleh indahnya pemandangan Air Terjun Mata Jitu.

Terbentuk sejak jutaan tahun lalu, Air Terjun Mata Jitu adalah salah satu air terjun berundak alami. Terdapat tiga undakan alami yang menciptakan beberapa kolam. Air terjun utama mengalir dari undakan tertinggi, memenuhi kolam di undakan kedua dan ketiga yang terletak cukup rendah. Anda dapat berendam di kolam ini dan menikmati pemandangan mempesona air terjun ini.

Kondisi alam yang hijau, asri, dan tenang, sangat cocok untuk dijadikan tempat melepas semua penat. Keindahan Air Terjun Mata Jitu juga menarik Putri Diana untuk mengunjunginya di masa lalu. Karena itu, banyak orang menjuluki air terjun ini sebagai Queen Waterfall atau Air Terjun Sang Ratu.

Itu dia tiga surga tersembunyi yang layak Anda kunjungi dalam perjalanan Wisata Nusa Tenggara Barat. Ketiganya menawarkan keindahan dan pengalaman yang tidak akan Anda dapatkan di tempat lain. Jadi, jangan ragu untuk meluangkan waktu mengunjungi tempat-tempat tersebut

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button