Wisata

3 Panduan Singkat Liburan Di Pulau Dua, Balantak, Sulawesi Tengah

Seperti yang sudah Anda ketahui, ada begitu banyak harta karun wisata di Indonesia yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, termasuk wisata alam dengan keindahan yang begitu memesona. Salah satunya adalah Pulau Dua, Balantak, Sulawesi Tengah yang merupakan salah satu destinasi wisata bahari. Di sini, Anda bisa temukan harmoni antara perbukitan dan keindahan bawah laut yang siap memikat Anda.

Lokasi dan Perjalanan Menuju Pulau Dua

Pulau Dua berlokasi di Desa Kampangar, yang tepatnya berada di Kecamatan Balantak, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Anda bisa memulai perjalanan dari Kota Luwuk menuju Desa Kampangar dengan lama perjalanan sekitar 4 jam. Meskipun sepanjang perjalanan Anda akan ditemani oleh kondisi jalanan yang masih jauh dari kata bagus, rasa lelah dan jengkel yang barangkali Anda rasakan akan langsung terbayar tuntas begitu Anda menginjakkan di Pulau Dua.

Pulau Dua, Balantak, Sulawesi Tengah sendiri merupakan sebuah pulau yang lokasinya sangat dekat dengan pusat Desa Kampangar. Dan dari Desa Kampangar, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menaiki kapal untuk menyeberang dan akhirnya tiba di Pulau Dua. Kapal tersebut bisa Anda sewa dengan harga yang bervariasi, namun rata-rata harga sewanya sendiri di angka Rp 350 ribuan, sedangkan durasi perjalanan naik kapalnya sendiri hanya makan waktu sekitar 10 menitan.

Meski demikian, Anda tak perlu terlalu khawatir soal biaya yang terlihat mahal tadi. Soalnya, rata-rata kapal yang tersedia untuk mengantarkan para turis menuju ke Pulau Dua bisa diisi sampai dengan 8 orang penumpang. Artinya, biayanya juga akan terasa makin ringan. Tak hanya itu saja, dengan harga sewa tersebut Anda tak hanya akan mendapatkan jasa sewa kapal saja, karena Anda juga akan ditunggu selama melakukan trekking di perbukitan hingga ke puncaknya.

Menikmati Pesona Alam Pulau Dua, Balantak

Lantas, apa saja aktivitas yang bisa Anda nikmati setibanya di Pulau Dua nanti? Pulau Dua sendiri merupakan sebuah pulau kecil berbukit dengan pemandangan yang sangat indah. Begitu sampai di puncaknya, Anda akan bisa menikmati panorama laut beserta pulau-pulau kecil nan berbukit yang mengelilingi — tentu sebuah pemandangan yang tidak dimiliki semua destinasi wisata di muka Bumi, kan?

Bagaimana dengan jalur pendakian ke puncak bukitnya? Meskipun Anda pemula atau malah baru pertama kali trekking, Anda tak perlu khawatir harus mencari-cari jalan sendiri agar bisa sampai ke puncak bukit. Soalnya, sudah ada jalur yang telah disiapkan untuk trekking hingga ke puncak. Sekaligus tangga yang jelas bisa sangat membantu Anda mendaki dengan lebih mudah.

Bahkan, keindahan panorama alam yang membungkus Pulau Dua, Balantak, Sulawesi Tengah tak hanya bisa Anda nikmati setibanya di puncak bukit. Pasalnya, Anda juga akan ditemani pemandangan lautan yang berkilau cemerlang di bawah paparan sinar matahari, suara air laut yang tenang, dan siluet pulau-pulau di kejauhan selama perjalanan Anda trekking menuju puncak bukit. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa rasakan udara dan angin semilir yang dijamin bisa segarkan pikiran, jauh dari hiruk pikuk keramaian kota yang bising.

Daya tarik lainnya yang bisa menambah pesona Pulau Dua adalah menyaksikan pemandangan matahari terbenam alias sunset di sini. Terlebih lagi dengan adanya pemandangan Desa Kampangar dan Gunung Kolupapan yang membuat panoramanya semakin memikat. Jangan lupa untuk mengabadikan momen tersebut untuk mengobati rasa kangen Anda akan keindahan Pulau Dua begitu Anda kembali ke kota asal nanti.

Keindahan Bawah Laut Pulau Dua

Aktivitas lainnya yang perlu Anda lakukan selama menghabiskan waktu di Pulau Dua adalah diving. Dengan kondisi laut yang tenang dan pemandangan bawah laut yang begitu memesona. Anda yang juga penggemar diving jelas harus menikmati pengalaman menyelam di sini.

Di Pulau Dua dan sekitarnya, ada belasan dan bahkan puluhan titik diving yang bisa Anda pilih. Biasanya, para penggemar diving menghabiskan waktu 1 hingga 2 minggu demi bisa menjajal semua titik diving yang ada. Untuk penginapannya, Anda bisa buat reservasi di satu-satunya resort di Pulau Dua, yang juga merupakan sebuah dive center.

Tak hanya diving, Anda juga bisa habiskan waktu dengan snorkeling di sini, atau sebatas bermain air saja. Ditambah lagi, ada banyak warung makan di sekitar yang menyediakan tempat bilas atau mandi. Dengan begitu Anda juga tidak perlu repot atau bingung mencari tempat bilas selama bermain air di sini.

Baik itu untuk mengejar sunrise, pagi, siang, atau sore menjelang sunset, Pulau Dua, Balantak, Sulawesi Tengah menawarkan banyak kesempatan untuk Anda kunjungi dan jelajahi. Dan agar momen Anda di sini semakin berkesan, pastikan Anda mengenakan pakaian yang nyaman dan cocok untuk trekking. Jangan lupa untuk membawa topi, sunglasses, dan sunblock agar risiko kulit terbakar bisa diminimalkan, ya!

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button