Wisata

3 Fakta Menarik Perayaan Cap Go Meh Di Singkawang Yang Harus Kamu Ketahui!

Apakah kamu pernah mendengar perayaan Cap Go Meh di Singkawang? Hal ini menjadi salah satu perayaan besar yang ada setiap tahun. Singkawang menjadi salah satu daerah di Indonesia dengan populasi Tionghoa yang sangat besar, tidak heran perayaan Cap Go Meh dilakukan dengan sangat besar.

Perayaan Cap Go Meh di Singkawang merupakan hal yang menarik hingga membuat banyak sekali turis Internasional datang untuk menyaksikannya. Tentu saja ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu sebelum datang dan menyaksikan meriahnya perayaan Cap Go Meh. Berikut adalah fakta menarik perayaan Cap Go Meh di Singkawang yang harus kamu ketahui!

1. Memiliki Sebutan yang Berbeda di Setiap Negara

Apabila kamu berpikir perayaan ini memiliki nama yang sama di setiap negara, terutama negara dengan pemeluk agama Konghucu yang besar hal ini salah. Karena beberapa negara memiliki sebutan sendiri untuk perayaan ini. Tiongkok menyebut Cap Go Meh dengan Shang Yuan.  Beberapa negara lain di daerah Barat menyebut perayaan ini dengan Lantern Festival.

Hal yang harus kamu ketahui adalah bahwa perayaan ini sudah ada sejak 206 SM hingga saat ini. perayaan Cap Go Meh di Singkawang dan negara lainnya adalah bentuk penghormatan kepada Dewa tertinggi di Dinasti Han, Tahi Yi.

Banyak sekali maksud dan tujuan ketika melakukan perayaan Cap Go Meh di Singkawang, salah satunya adalah bentuk untuk menyambut banyak hal baik pada masa yang akan datang. Semua daerah atau negara mengadaptasi perayaan Cap Go Meh dengan keunikan sendiri sehingga berbeda-beda, tetapi dengan maksud dan tujuan yang sama.

Rangkaian acara dalam perayaan Cap Go Meh di Singkawang juga sangat banyak, sehingga bisa menjadi salah satu tujuan liburan selanjutnya. Kamu akan melihat betapa besarnya perayaan ini dan didukung hampir seluruh masyarakat Singkawang. Kamu bahkan bisa mencicipi banyak wisata kuliner yang kerap membuka stand selama perayaan Cap Go Meh.

2. Berakhirnya Imlek

Salah satu pertanyaan yang banyak sekali muncul adalah apa hubungan dengan perayaan Cap Go Meh di Singkawang dan Imlek? Cap Go Meh merupakan perayaan yang dilakukan sebagai peringatan hari ke-15 setelah Imlek. Tentu saja hal ini juga bisa kamu artikan sebagai perayaan untuk Imlek yang sudah berakhir.

Banyak sekali hal-hal yang menjadi tabu ketika Imlek sehingga tidak boleh dilakukan oleh pemeluk agama Konghucu. Ketika Imlek sudah selesai dan adanya perayaan ini di Singkawang, hal ini sebagai penanda akhir dari hal tabu yang ada. Ketika Imlek, larangan seperti tidak boleh keramas, mencuci baju, hingga menyapu sangat ketat. Tentu saja hal ini bisa dilakukan setelah Imlek selesai dan adanya perayaan ini di Singkawang.

Perayaan ini dilakukan secara megah karena mengingat hanya terjadi sekali dalam setahun dan juga banyak sekali pantangan yang harus dihindari. Pantangan tersebut merupakan aktivitas sehari-hari yang sudah sangat umum dilakukan, sehingga begitu Imlek berakhir hal ini harus dirayakan dengan besar.

Salah satu rangkaian acara dalam perayaan ini di Singkawang adalah festival Lampion yang tentu saja sangat unik. Tidak heran banyak sekali yang menyiapkan waktu khusus untuk bisa datang pada perayaan Cap Go Meh di Singkawang, terutama mengikuti festival yang ada.

3. Atraksi Tatung

Hal yang membedakan antara perayaan Cap Go Meh di Singkawang dengan daerah atau negara lain adalah adanya atraksi Tatung. Atraksi Tatung adalah rangkaian festival yang akan membuat kamu melihat pawai, tetapi terdiri dari orang-orang yang kerasukan roh. Tentu saja orang-orang tersebut merupakan peserta pawai yang sudah terpilih sebelumnya.

Semua peserta tersebut kebal dengan benda tajam karena sudah dirasuki oleh roh. Tujuan dari pawai ini adalah sebagai gambaran untuk melawan roh jahat yang akan mengganggu kehidupan masyarakat sehari-harinya. Atraksi Tatung dalam perayaan ini dipenuhi dengan susana mistis yang sangat menegangkan. Senjata tajam yang terkena peserta pawai tidak membuat merasa sakit atau berdarah sama sekali.

Atraksi Tatung menjadi salah satu acara utama yang sangat dinanti oleh banyak wisatawan. Tentu saja hal ini sangat berbeda dengan banyak perayaan lain di Indonesia.

Informasi di atas berkenaan dengan fakta menarik apa saja yang harus kamu ketahui ketika berbicara tentang perayaan ini, bisa membuat daftar perayaan yang bisa kamu datangi bertambah. Tentu saja banyak sekali hal menarik yang akan kamu temukan dan sangat berbeda, sebagai daerah dengan populasi Konghucu terbesar, keunikan ini akan membuat kamu merasa takjub.

Perayaan Cap Go Meh di Singkawang yang selalu dirayakan setiap tahun merupakan bentuk keragaman budaya di Indonesia yang sangat unik dan layak untuk diapresiasi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button