Wisata

15 Tempat Wisata Di Sulawesi Selatan Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi di Pulau Sulawesi yang menyimpan banyak daya tarik, khususnya objek wisata alam. Bagi Anda yang berencana berkunjung ke sana, berikut ini adalah rekomendasi 15 tempat wisata di sulawesi selatan yang menarik untuk dikunjungi.’

1. Taman Nasional Bantimurung

Bagi pecinta wisata alam, ini adalah destinasi yang wajib dikunjungi karena memiliki beberapa tempat yang menarik seperti air terjun dan danau. Air Terjun Bantimurung memiliki penampilan yang mempesona dengan arusnya yang deras dan diapit oleh tebing terjal di kanan dan kiri. Di kawasan taman nasional ini juga ada Danau Kassi Kebo yang memiliki hamparan pasir putih sekaligus menjadi habitat kupu-kupu Bantimurung. Selain itu, di kawasan ini juga ada gua batu dengan stalagtit dan stalagmit yang menjuntai begitu indah.

2. Pulau Kapoposang

Jika Anda ingin berwisata air, datanglah ke Pulau Kapoposong. Ini adalah sebuah pulau kecil di gugusan pulau yang ada di Sulawesi Selatan dengan perairan yang masih jernih dan belum tercemar. Di sana, Anda dapat berenang bersama dengan ikan kecil beraneka warna dan penyu. Pulau Kapoposong merupakan tempat penyu sisik biasa bertelur, sehingga di perairan tersebut terdapat banyak penyu.

3. Pegunungan Malino

Ini adalah objek wisata di kawasan dataran tinggi dengan suasana yang sejuk. Di sana, Anda juga dapat menemukan Air Terjun Takapala atau juga sering dikenal dengan sebutan Air Terjun Ketemu Jodoh. Kegiatan populer di objek wisata ini adalah berkeliling hutan pinus dan perkebunan the menaiki kuda.

4.Pulau Dutungan

Ada lagi pulau di Sulawesi Selatan yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu Pulau Dutungan. Pulau berpasir putih ini dikelilingi oleh panorama yang indah berupa pohon-pohon bakau. Jika sudah berada di sana, jangan lewatkan untuk melihat panorama sunsetnya yang begitu menawan.

5. Pulau Samalona

Ini adalah destinasi wisata Sulawesi Selatan dengan perairan yang tenang dan jernih serta memiliki hamparan pasir putih yang lembut. Beberapa kegiatan yang populer di sini adalah snorkeling, diving, atau menaiki perahu. Pastikan untuk mengagendakan kunjungan ke pulau ini karena setiap tahunnya Pulau Samalona mengalami penyusutan akibat evolusi alam.

6. Tanjung Bira

Destinasi wisata yang satu ini menyuguhkan pantai yang sangat bersih dengan pasir berwarna putih. Karena itu bermain di perairan pantai menjadi kegiatan populer di pantai ini. Selain itu, pantai ini juga dikelilingi oleh pulau-pulau lain yang semakin menambah keindahan panorama di tempat ini.

7. Pantai Appalarang

Jika Anda ingin berlibur ke pantai dengan pemandangan berbeda, datanglah ke Pantai Appalarang. Berbeda dengan pantai pada umumnya di Sulawesi Selatan, pantai ini memiliki tebing-tebing karang yang memanjang sehingga kegiatan populer di sini adalah duduk-duduk di tepi pantai sambil menikmati pemandangan air laut yang berwarna tosca. Pengunjung yang bisa berenang juga dipersilahkan, tetapi harus tetap waspada karena karang-karang di sana banyak yang tajam.

8. Pantai Akarena

Jika kebanyakan pantai Sulawesi Selatan memiliki hamparan pasir berwarna putih, pantai ini tampil berbeda karena memiliki pasir berwarna hitam. Fasilitas yang tersedia pun sudah cukup lengkap seperti taman bermain, aneka permainan air, ATV, dan restoran dengan aneka makanan yang menggugah selera makan.

9. Pantai Losari

Bisa dikatakan ini merupakan destinasi paling populer dari 15 tempat wisata di sulawesi selatan yang menarik untuk dikunjungi karena merupakan ikon kota Makassar, ibukota Sulawesi Selatan. Pantai ini menawarkan panorama yang indah. Meskipun tidak ada pasir di tepi pantainya, ada banyak aktivitas menarik yang dapat dilakukan saat berkunjung ke sana seperti naik banana boat, sepeda air, memancing, berlayar menggunakan perahu, dll.

10. Taman Laut Taka Bonerate

Ini adalah taman laut yang masuk di wilayah Kepulauan Selayar. Tempat ini ibarat surga bagi penyelam karena panorama bawah lautnya yang sangat indah. Di sana, pengunjung dapat berenang bersama aneka ikan dan penyu sambil melihat keindahan terumbu karang.

11. Pulau Gusung

Ini adalah sebuah pulau kecil yang dapat diakses sekitar 5 menit dari Dermaga Popsa Makassar menggunakan speed boat. Sebenarnya Pulau Gusung dulunya adalah tanggul untuk meredam ombak agar tidak masuk ke pelabuhan. Namun akibat proses sedimentasi, bagian utara tanggul tersebut memiliki pasir putih yang menumpuk kemudian membentuk pulau. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di sana adalah bermain air, menyelam, dan snorkeling.

12. Goa Tampang Allo

Ini adalah goa alam yang unik karena dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai kuburan. Ketika berada di sana, pengunjung dapat melihat ratusan erong (peti mati berbentuk binatang), tulang belulang masyarakat yang dulu dimakamkan di sana, dan tau-tau.

13. Pusat Kerajinan Perahu Phinisi

Objek wisata yang satu ini terletak di kawasan Tana Beru, Bontobahari, Bulukumba. Di sana Anda dapat melihat proses pembuatan perahu tradisional menggunakan konstruksi kayu dan peralatan yang masih tradisional. Menariknya, pengrajin kapal di sana mampu membuat kapal yang megah tanpa panduan gambar maupun tulisan.

14. Ke’te Kesu

Bagi Anda yang menyukai wisata budaya, pastikan untuk berkunjung ke Ke’te Kesu. Ini adalah sebuah desa di Tanah Toraja dengan deretan rumah adat Tongkonan dan lumbung padi. Menariknya, di sana juga terdapat bangunan megalith dan situs kuburan tebing berupa kuburan gantung. Selain dapat melihat keahlian warga setempat dalam membuat ukiran, wisatawan yang berkunjung ke sana juga dapat berbelanja souvenir untuk oleh-oleh.

15. Makam Batu Bori Parinding

Sesuai namanya, ini adalah kawasan wisata berupa situs pemakaman. Bori Parinding adalah situs purbakala kuno di Tana Toraja yang menakjubkan. Bahkan situs ini telah dinobatkan oleh Unesco sebagai salah satu situs warisan dunia.

Itu tadi ulasan 15 tempat wisata di sulawesi selatan yang menarik untuk dikunjungi. Bagaimana, sudah siap memasukkan tempat tersebut ke dalam list kunjungan Anda ke Sulawesi Selatan?

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button