Wisata

14 Tempat Wisata Yang Ada Di Pelembang Yang Menarik Dikunjungi

Kota Palembang termasuk dalam daftar kota tertua di Indonesia yang menarik untuk Anda kunjungi, selain menikmati kuliner khas yang enak, Anda juga akan mendapat dengan berbagai wisata Palembang yang menarik  dan tidak boleh untuk Anda lewatkan. Inilah beberapa wisata yang ada di Palembang yang harus Anda kunjungi.

Daftar Tempat Wisata yang Ada di Palembang

1. Jembatan Ampera

Untuk Jembatan Ampera salah satu ikon kenamaan kota Palembang. Jembatan yang dibangun di atas Sungai Musi ini menjadi bagian yang tidak boleh Anda lewatkan, apalagi dikunjungi pada malam hari.

Anda bisa melihat pemandangan yang cantik karena banyaknya lampu yang dipasang di sepanjang jembatan. Bahkan di tepian jembatan Anda juga akan menemukan Restoran Terapung, Benteng Kuto Besak, Kampung Arab, dan wisata lainnya.

2. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Bagi Anda yang menyukai tempat bersejarah tentu museum yang satu ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Di museum ini Anda bisa merasakan sejarah kota Palembang dengan berbagai peninggalan kerajaan yang dapat Anda lihat secara langsung.

3. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro yang berada di tengah perairan Sungai Musi tentu menjadi tempat wisata yang menarik, di mana Anda dapat menikmati keindahan Sungai Musi tersebut dan melihat langsung sebuah vihara yang masih digunakan sampai sekarang.

4. Masjid Agung Palembang

Masjid Agung Palembang menjadi salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan. Anda bisa melihat kemegahan bangunan, desain arsitektur yang menarik, dan lokasi tempat cagar budaya yang ada di sekelilingnya.

Gaya arsitektur bangunannya yang unik juga menarik perhatian para pengunjung, di mana bangunan ini sekilas tampak memiliki perpaduan dari Eropa, Tiongkok, dan Indonesia sendiri. Mengingat Palembang dulunya menjadi pusat perdagangan yang besar.

5. Masjid Cheng Ho Palembang

Masjid Cheng Ho memiliki bangunan Tiongkok yang kental dapat dilihat dari perpaduan warna yang digunakan adalah merah, hijau, putih, dan pink. Selain itu, arsitektur bangunannya seperti pagoda berkubah islami.

6. Museum Al-Quran Palembang

Dalam sejarah Palembang memang memiliki pengaruh islam yang besar, jadi tidak heran jika Anda akan menemukan museum Al-Quran di Palembang. Di museum ini Anda bisa melihat Alquran raksasa yang terbesar di Dunia.

7. Kampung Arab Palembang

Selain museum dan masjid dengan arsitektur yang unik, Anda juga akan menemukan bangunan tua yang ditata dengan rapi yaitu  kampung arab Palembang yang juga dikenal dengan nama Al munawar.

Di kampung arab ini Anda dapat mengenal budaya dan tradisi arab yang sangat kental. Di sini Anda bisa menyaksikan kesenian gambus, menikmati wisata kuliner khas arab, hingga berinteraksi dengan warga.

8. Danau Ranau

Danau Ranau sebagai salah satu wisata alam yang berada di Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat ini akan menyuguhkan pemandangan yang indah dan menarik.

9. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak sebagai salah satu warisan dari peninggalan kerajaan di Palembang yang terletak di Bukit Kecil, Palembang. Pada Benteng ini dijadikan tempat wisata sejarah yang menarik untuk Anda kunjungi.

10. Candi Bumi Ayu

Candi Bumi Ayu sebagai tempat wisata sejarah peninggalan umat Hindu. Pengunjung Candi ini selalu ramai dari berbagai tempat, baik lokal maupun luar negeri.

11. Taman Purbakala Sriwijaya

Taman Purbakala Sriwijaya sebagai salah satu peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang terkenal. Temuan bersejarah ini ditemukan saat pembangunan Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya. Ada beragam artefak yang menunjukkan aktivitas masyarakat pada zaman dulu dan barang pecah belah berupa keramik berasal dari Cina pada masa dinasti Tang, Song, Yuan dan Qing.

12. Kampung Kapitan

Kampung Kapitan sebagai tempat wisata bersejarah yang bernuansa Tionghoa dan juga bangunan dengan nuansa lain. Di sini Anda bisa melihat bangunan-bangunan tua, klenteng-klenteng, dan peninggalan lainnya.

Meskipun bangunan di kampung Kapitan tidak semuanya bernuansa Tionghoa, justru menjadi daya tariknya karena Anda bisa melihat bangunan dengan gaya arsitektur barat dan rumah bergaya masyarakat Palembang dari jaman dahulu yang saling berdampingan.

13. Museum Tekstil

Banyak wisata sejarah yang bisa Anda kunjungi di kota Palembang ini, seperti Museum Tekstil yang membangunnya pada 1883 saat masa jaya sebagai pusat kerajinan kain Sumatera Selatan. Di sini Anda bisa melihat beragam songket khas Palembang dan alat tenun.

14. Museum Balaputradeva

Museum Balaputradevadari menyimpan berbagai peninggalan zaman pra-sejarah hingga zaman kolonialisme Belanda. Di museum ini, Anda dapat melihat berbagai koleksi arca yang berasal dari zaman megalitikum di Sumatera Selatan sampai informasi sejarah mengenai berdirinya Kerajaan Sriwijaya.

Itulah beberapa tempat wisata yang ada di Palembang dan menarik untuk Anda kunjungi selain pemandangan alam di Palembang yang mempesona dan memiliki udara yang segar, serta jauh dari polusi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button