Wisata

10 Tempat Menakjubkan Untuk Penyelam Amatir Di Raja Ampat

Raja Ampat merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Papua Barat yang terdiri dari empat pulau besar dengan gugusan pulau yang menawan. Perairannya sedikitnya 1000 jenis ikan karang dengan 540 jenis karang ada dalam laut ini.

Tak heran jika sangat terkenal bagi para pecinta diving. Namun, jika Anda seorang penyelam amatir, Anda tidak perlu khawatir karena Raja Ampat juga memiliki tempat wisata lainnya sebagai berikut:

1. Teluk Kabui

Teluk Kabui berjarak sekitar satu jam perjalanan dengan speedboat dari Waisai, ibu kota Raja Ampat. Memasuki potongan surga tropis, Anda akan disambut oleh air hijau yang tenang dan jernih. Tebingnya juga cukup tinggi dan asri dengan pepohonan yang tumbuh di sekitarnya. Namun, Anda tidak bisa mampir sama sekali ke tebing karena beberapa di antaranya tidak memiliki pantai. Namun, ada beberapa tebing yang bisa didaki bahkan memiliki tangga buatan.

2. Batu Pensil

Untuk Batu Pensil ini adalah ikon Teluk Kabui yang terkenal. Batu besarĀ  tersebut berdiri dengan tegak di tengah perairan Teluk Kabui. Orang-orang lokal dulu mengira itu terlihat seperti pensil, meskipun begitu Anda melihatnya sendiri, Anda mungkin tidak setuju. Bentuknya memang berubah karena cuaca dan iklim. Batu Pensil, beserta sejumlah gugusan pulau karang di Teluk Kabui, telah terdaftar di Situs Geopark Dunia.

3. Pantai Friwen

Pantai Friwen memiliki keindahan alam yang luar biasa. Hamparan pasir putih menghiasi pantai, pepohonan rindang mengelilingi pantai, serta gradasi air laut biru muda dan tua memberi warna indah di kawasan tersebut. Ombak di Friwen sangat tenang, bahkan nyaris tidak terasa.

Hal ini membuat pantai semakin asyik untuk bersantai dan bersantai sambil menikmati keindahan alam. Jika ingin makan, ada beberapa toko yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Salah satu yang wajib dipesan adalah pisang goreng yang disajikan dengan sambal yang nikmat.

4. Friwen Wall

Jika Anda suka snorkeling, Friwen Wall wajib masuk dalam daftar perjalanan Anda. Friwen Wall di Pulau Waigeo memiliki dasar laut yang spektakuler. Anda bisa merasakan suasana tenang dan sepi khas private island. Pulau Waigeo sendiri merupakan salah satu pulau terbesar di kepulauan Raja Ampat.

5. Pasir Timbul

Jika pasir putih biasa ditemukan di pesisir pantai, lain halnya di Mansuar, Raja Ampat. Kawasan ini memiliki hamparan pasir putih di tengah laut yang dikelilingi air laut yang jernih. Sebenarnya ini adalah fenomena yang terjadi saat air laut sedang surut. Pada saat-saat tertentu, pasir putih akan terlihat menonjol, dan bisa menjadi tempat Anda duduk santai atau sekedar menikmati bersihnya pasir putih.

6. Piaynemo

Setiap kali Anda mengunjungi Raja Ampat, mampirlah ke sebuah pulau bernama Piaynemo. Di sana, Anda akan ada pemandangan indah gugusan pulau karst. Piaynemo terletak sekitar dua jam dengan speedboat dari pelabuhan Waisai. Sepanjang perjalanan, Anda bisa melihat hutan bakau dan pulau-pulau lain di Raja Ampat. Jika beruntung dan cuacanya bagus, Anda juga bisa melihat lumba-lumba.

7. Telaga Bintang

Tak jauh dari Piaynemo, ada satu lagi destinasi magis bernama Telaga Bintang. Ini adalah laguna yang dikelilingi oleh tebing dan dilihat dari ketinggian terlihat seperti bintang. Selain dikenal sebagai Telaga Bintang, juga dikenal sebagai Tanjung Bintang atau Laguna Bintang. Jika ingin berkunjung, sebaiknya gunakan sepatu tertutup, celana panjang, topi, dan kacamata hitam. Selalu perhatikan langkahmu!

8. Arborek

Arborek adalah sebuah pulau kecil yang indah yang dapatĀ  Anda capai sekitar satu jam dengan perahu dari Waisai. Di sini, Anda bisa menikmati pesona bawah laut di Arborek. Saat perahu Anda sandar di dermaga, Anda bisa melihat ikan langsung dari tempat Anda berada. Airnya yang jernih dan pemandangan bawah lautnya yang indah pasti Anda terima!

9. Sawinggrai

Selain diving dan snorkeling, Anda juga bisa melakukan birdwatching di Raja Ampat. Bintang utama adalah burung cendrawasih, yang terkenal sebagai Cendrawasih. Salah satu habitat burung tersebut ada di Desa Sawinggrai namun biasanya baru bisa Anda lihat pada pukul 05.00 WIB. Setelah pukul 06.00, burung secara bertahap akan meninggalkan sarangnya untuk mencari makan. Jangan khawatir, jika kesiangan, Anda bisa kembali lagi pada pukul 17.00 karena burung akan kembali ke sarangnya.

10. Mansuar

Pulau Mansuar memiliki beberapa spot diving dan snorkeling, serta tentunya keajaiban alam matahari terbit. Pemandangan alamnya memang paling bagus, apalagi saat senja menjelang sunset. Pasirnya sangat lembut, seperti tepung. Jadi, Anda tidak perlu khawatir terluka saat berjalan-jalan di pantai tanpa menggunakan alas kaki.

Untuk menuju dan menjelajahi Raja Ampat, naik perahu atau bermalam di salah satu resor di kepulauan yang indah ini. Raja Ampat merupakan destinasi wisata yang sangat populer, tidak hanya cocok untuk pasangan yang mencari tempat bulan madu, tetapi juga untuk anak muda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button