Wisata

10 Fakta Menarik Curug Gending Asmoro

Wisata alam masih menjadi daya tarik sendiri bagi sebagian wisatawan lokal. Pasalnya, Indonesia yang memiliki lokasi-lokasi air terjun tersembunyi ini menyimpan keindahan yang sayang untuk dilewatnya, salah satunya Curug Gending Asmoro.

Indahnya air terjun ini memiliki fakta menarik yang perlu Anda ketahui. Mari simak selengkapnya berikut!

Fakta Menarik Curug Gending Asmoro

1. Dikenal mistis

Faktanya, obyek wisata baru di daerah Kabupaten Semarang ini mempunyai kisah mistis di dalamnya. Berdasar dari namanya, Gending Asmoro ternyata lekat akan legenda gamelan gaib yang berada di dekat air terjunnya.

2. Terletak di tengah hutan

Uniknya, curug ini terletak di tengah-tengah hutan bambu yang lebat nan hijau. Ketika wisatawan ke sini bisa melihat deretan pohon bambu menjulang tinggi sepanjang jalan, beserta Sungai Kresek.

3. Obyek wisata baru

Tempat wisata air dan alam ini merupakan destinasi wisata terbaru yang letaknya ada di Dusun Tompo Gunung, Desa Kalongan, Kec. Ungaran Timur.

Pengunjung akan disuguhkan suara derasnya arus air yang mengalir, udara sejuk, ditambah fasilitas tambahan lain.

4. Terdapat 2 ketinggian air

Curug Gending Asmoro mempunyai dua ketinggian berbeda, pertama setinggi 16 meter dan 12 meter. Lokasi kedua sumber airnya ini berbeda, sehingga butuh jembatan penghubung keduanya.

5. Wisata yang menantang

Sebelum ke sini, Anda harus tahu bahwa jalur menuju lokasi curug ternyata cukup curam dan menguras energi.

Anda harus melewati hutan pohon bambu, ratusan anak tangga menurun dan menanjak. Jadi, siapkan tenaga sebelum memutuskan ke sini.

6. Buka setiap hari

Tempat wisata alam di Jawa Tengah ini buka setiap harinya mulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Curug tersebut masuk dalam salah satu curug yang ada di Ungaran Timur.

7. Tiket masuk murah

Bagi pecinta wisata murah meriah, berlibur ke curug ini adalah pilihan tepat. Untuk masuk ke lokasi curug, wisatawan hanya dikenakan tarif Rp5.000 sampai Rp10.000 per tiketnya.

Untuk kendaraan mobil cukup membayar parkir Rp5.000 dan motor Rp2.000.

8. Fasilitas cukup lengkap

Di sini menyediakan fasilitas terbilang lengkap untuk pengunjungnya, mulai dari toilet, jembatan penghubung dari bambu, warung kecil, parkiran, hingga musola.

Anda yang gemar berfoto di sini tersedia beberapa spot foto ciamik mulai dari jembatan bambu, perahu bambu, di bawah air terjun, dan masih banyak lagi.

9. Cocok untuk meditasi

Anda yang ingin menenangkan pikiran melalui bermeditasi, lokasi ini dapat jadi lokasi yang tepat. Bermeditasi sambil mendengar langsung suara deburan air bisa menghilangkan penat dan mendapat energi positif.

10. Aman untuk anak-anak

Kolam-kolam penampung air curug di sini terbilang sangat dangkal, sehingga aman untuk anak-anak. Namun, tetaplah berhati-hati jika membawa anak Anda berlibur ke sini.

Hal yang Harus Dilakukan Saat ke Curug

1. Menjaga kebersihan

Pertama, setiap pengunjung sangat wajib menjaga kebersihan area wisata. Apabila sulit menemukan tempat sampah, alangkah baiknya membawa sendiri kantong sampah dan menyimpan dulu di dalam tas.

Jangan sampai tangan jahil kita merusak potensi wisata indah ini.

2. Punya keahlian berenang

Berkunjung ke Curug Gending Asmoro tak lengkap jika belum berenang. Namun, pastikan Anda memang punya keahlian berenang karena arusnya cukup kuat.

3. Saling menjaga teman

Demi keselamatan bersama, jangan lupa saling menjaga teman seperjalanan atau anggota keluarga selama berliburan.

4. Berhati-hati

Tak hanya untuk keselamatan diri sendiri, tetapi orang lain juga. Lokasi penuh air pastinya licin, sehingga harapnya Anda perlu berhati-hati selama berada di lokasi ini.

Selain itu, untuk menaiki jembatan bambu harus bersabar dan mengantre karena akan ada banyak pengunjung yang ingin berfoto di sini.

5. Menjaga kesopanan

Meski kisah mistis di tempat ini belum terbukti nyata, akan tetapi ada baiknya wisatawan tetap menjaga kesopanan baik dari sikap dan tutur kata.

Hal yang Jangan Dilakukan Saat ke Curug

1. Datang saat musim hujan

Hindarilah datang ke sini saat musim penghujan. Jelas saja, debit airnya akan jauh lebih kuat dan deras sehingga sangat membahayakan keselamatan wisatawan.

2. Membuang sampah sembarangan

Tak hanya di curug saja, ke mana pun Anda pergi jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan area wisata. Bawalah kantong sampah sendiri.

3. Mencemari air curug

Jangan sampai mencemari air curug dengan membuang sampah, buang air, atau membuang larutan kimia apa pun saat di sini.

4. Vandalisme

Jangan pula iseng-iseng melakukan aksi vandalisme dengan mencorat-coret bebatuan yang ada di kawasan curug ini. Hal ini dapat mengurangi keindahan lokasi sekitarnya.

Itu dia fakta menarik, hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama berada di Curug Gending Asmoro. Anda berminat liburan ke sini? Pastikan pilih agen wisata terbaik Azwisata untuk suasana liburan bermakna!

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button