Wisata

10 Destinasi Wisata Alam Di Taman Nasional Manusela, Apa Saja?

Taman Nasional Manusela (TN Manusela) adalah taman nasional yang kaya akan tipe ekosistem dan vegetasi karena kondisi bentangan alamnya yang bervariasi. Taman nasional dengan luas kurang lebih 1,890 km2 ini menjadi habitat untuk berbagai jenis satwa endemik maupun langka serta beragam fauna.

Destinasi Wisata di Taman Nasional Manusela

Dimana letak taman nasional Manusela? Taman nasional ini terletak di Kepulauan Maluku, Indonesia. Di taman ini pengunjung bisa melakukan banyak aktivitas, jadi bukan hanya sekedar mengamati keanekaragaman satwa dan flora, melainkan juga wisata alam yang lebih menantang. Mau tahu apa saja? simak ulasannya dibawah ini!

1. Pegunungan dan Pantai Saleman

Destinasi ini tampak sangat menarik karena penampakannya menyerupai hutan pada zaman jurrasic. Saat berkunjung ke pegunungan Saleman, jangan sampai anda melewatkan keindahan Pantai Seleman yang berpasir putih.

Apalagi pegunungan ini membentang di sepanjang area pantai Saleman, jadi kedua tempat tersebut bisa anda nikmati secara bersamaan.

2. Mendaki Gunung Binaiya

Gunung Binaiya merupakan puncak tertinggi di kawasan taman nasional ini dengan ketinggian mencapai 3.027 M, secara tidak langsung ini menjadi tantangan sendiri bagi pengunjung yang hobi mendaki.

Selama mendaki gunung Binaiya pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam menakjubkan yaitu air terjun dan hutan rimba. Selain itu, proses pendakian gunung ini tidak terlalu berat karena kondisi gunung cukup aman selama mengikuti peraturan yang telah ditetapkan.

3. Biota Bawah Laut

Di samping wisata pegunungan, pengunjung juga bisa berwisata air dengan mengamati kekayaan biota laut dan terumbu karang di Teluk Sawai. Ada banyak jenis ikan hias di kawasan ini dengan kondisi yang masih terjaga.

4. Penginapan Terapung

Letak taman nasional Manusela, penginapan Terapung berada di atas teluk Desa Sawai. Selama menginap di lokasi ini, pengunjung akan lebih leluasa untuk menikmati panorama alam seperti pegunungan dan lautan. Ditambah dengan harga sewa yang cukup terjangkau.

5. Tebing Sawai

Jika anda ingin mencoba olahraga ekstrem, di kawasan ini terdapat Tebing Sawai yang bisa menjadi lokasi panjat tebing. Keunikan tebing ini adalah memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda dengan vegetasi karst yang tidak kalah menarik.

6. Sungai Salawai

Kawasan Taman Nasional Manusela Sungai Salawai biasanya digunakan oleh masyarakat setempat sebagai tempat pengolahan sagu, dan muara sungai ini menjadi habitat bagi para buaya.

7. Gua Ibu

Gua Ibu ada di sekitar Tebing Sawai. Mengapa diberi nama Gua Ibu? Karena bentuknya menyerupai rahim wanita. Di gua ini pengunjung akan menjumpai bekas-bekas aliran air, gugusan bebatuan dan juga kelelawar.

8. Gua Bawah Air

Berada di kawasan Pantai Ora. Gua ini disebut Gua Bawah Air karena lorongnya dipercaya tembus sampai ke permukaan air laut. Bagi pengunung yang ingin masuk ke dalam gua, maka harus menyelam terlebih dahulu.

9. Pasahari dan Pilana

Bagi pengunjung yang ingin mengamati binatang, seperti burung dan rusa, maka Pasahari adalah objek wisata yang seharusnya anda pilih. Lalu ada apa di Pilana? Anda bisa mengamati spesies kupu-kupu sekaligus menjelajahi rimba.

Flora dan Fauna Taman Nasional Manusela

Taman Nasional Manusela menjadi surga bagi beragam jenis hewan dan tumbuhan, pasalnya kawasan ini kaya akan spesies endemik dan juga khas Australia-Asia. Berikut detailnya:

1. Flora

Di taman nasional ini persebaran flora menyesuaikan tipe vegetasinya. Jenis-jenis flora yang ada juga bercampur antara khas Australia seperti Eucalyptus spp dan khas Asia seperti pohon durian, nyamplung (Calophyllum inophullum), pohon meranti (Shorea selanica) dan langsat hutan (Aglaia argentea).

Sedangkan, pada vegetasi hutan mangrove terdapat flora seperti bakau (Rhizophora apiculata), pedada (Sonneratia alba), bidu (Bruguira sexangula), nipah (Nypa fturicans) dan api-api (Avicennia officianalis).

Disekitar vegetasi ini ada rawa dataran rendah yang ditumbuhi butun darat (Barringtonia recemosa), pulai (Alstonia shcolaris) dan beringin (Ficus nodosa).

Sementara untuk tipe vegetasi hutan pantai didominasi oleh spesies tapak kuda atau katang-katang (Ipomoea pescaprae), ketapang (Terminalia catappa), rumput jara-jara (Spinifex littoralis), cemara laut (Casuariana equisetifolia), dan pandan (Pandanus sp).

2. Fauna

Taman nasional ini tercatat memiliki 117 jenis burung dengan 14 diantaranya adalah jenis burung endemick Dua dari jenis endemik tersebut kondisinya terancam punah, yaitu kalong seram (Pteropus ocularis) dan kakatua seram (Cacatua moluccensis).

12 spesies endemik yang lain, seperti kesturi Ternate (Lorius sarrulus), nuri kepala hitam (Lorius dimocella), nuri ambun (Alisterus ambinensis), burung madu seram besar (Philemon subcorniculatus), dan raja udang (Halcyon lazuli dan Halcyon sancta).

Demikian pembahasan mengenai Taman Nasional Manusela mulai dari destinasi yang ada didalamnya hingga flora dan fauna yang menjadi kekayaan alam tidak ternilai bagi kawasan ini. Jangan lupa untuk memasukkan taman nasional ini di list liburan anda bersama keluarga dan orang-orang terdekat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button