Wow! Ulos Batak 'Laris Manis' dalam Hong Kong Fashion Week 

Tuntun Siallagan | Jumat, 20 Januari 2017 16:01:07

Foto: istimewa
Foto: istimewa

Ulos Batak kembali mendunia. Kali ini, ulos bernama ‘Inang’ karya Dewi Sanggrah Ulos yang tampil dalam Hongkong Fashion Week di Hongkong Convention and Exhibition Center (HKCEC), pada 16-19 Januari 2017.

Ulos ini dibawa oleh Indonesia Hongkong Business Association (IDHKBA) Sumatera Utara.

"Keunikan desain dan corak etnik khas Sumatera Utara merupakan daya tarik utama dari produk fashion Sumatera Utara ini," ujar Ketua IDHKBA Sumut, Rusmin Lawin lewat keterangan tertulis, Jumat (20/1).

Selain berhasil menarik perhatian, ulos 'Inang' juga mendapat orderan dari beberapa pembeli mancanegara. Menurut Rusmin, hal ini merupakan suatu terobosan yang signifikan  dalam upaya menggenjot ekspor sekaligus mempromosi potensi ekonomi Sumatra Utara. 

(LIHAT VIDEO: Artis-artis Batak Bernyanyi dan 'Mangulosi' Ahok-Djarot)

Sementara Dewi mengatakan, kegiatan ini merupakan pengalaman barunya dalam upaya memasarkan produk ulos dan tas serta sepatu dengan desain khas etnik Sumatra Utara ke mancanegara.

"Selain ulos, juga ada permintaan hijab dari buyers yang berasal dari wilayah Tiongkok yang mayoritas Muslim. Kedepannya kami akan mengembangkan produk lain di luar fashion seperti makanan ringan dan minuman khas Medan Peyek, kopi dan  dodol durian," ujar Nova Zein selaku project coordinator untuk misi dagang ini.

Untuk diketahui, Hongkong Fashion  Week merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Hongkong Trade Development Council  (HKTDC ). Tahun ini acara tersebut diparalelkan dengan even besar dunia "The 10th Asian Financial Forum 2017" dengan tajuk utama Asia "Driving Change Innovation dan Connectivity" yang dihadiri oleh 2.800 pelaku ekonomi dari segala penjuru dunia. 

(BACA: Diulosi di Medan, Habib Rizieq Mengaku Sudah Bermarga Batak)

Chairul Tanjung selaku tokoh pengusaha nasional juga tampil sebagai salah satu panelis dalam topik Prospect for ASEAN bersama para pembicara lain seperti Ambassador Zhou Wenzhong, Secretary General Boao Forum for Asia dan Jaime Augusto Zobel De Ayala. Kemudian Chairman Ayala Group Filipina yang dimodetatori oleh Anthony Nightingale dan Director Jardine Matheson Holding Limited. 

Beberapa tokoh nasional lainnya juga hadir  dalam forum ekonomi dunia yang cukup bergengsi ini. Mereka antara lain mantan Dubes untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal, Ketua Komite II DPD/MPR RI Parlindungan Purba, Joefly Bahroeny dan Sekretaris Jendral FIABCI Asia Pacific yang juga Wakil Ketua Umum DPP REI  bidang hubungan luar negeri Rusmin Lawin. 

(BACA: Fashion Jangan Sampai Rusak Kesakralan Ulos)

Parlindungan Purba mengatakan bahwa  forum ini adalah momentum penting yang harus bisa dimanfaatkan untuk menggenjot Forum Direct Investment (FDI) ke tanah air. 

"Selaku Ketua Komite yang membidangi sumber daya alam dan ekonomi, kami akan menginisiasi Forum Indonesia Infrastructure Investment di Hongkong dalam beberapa  bulan ke depan mengingat Hongkong merupakan super hub keuangan Asia yang  bisa kita manfaatkan bagi kepentingan ekonomi nasional," ujarnya.