Wow! Menteri Susi Beri 18 Kapal untuk Nelayan di Mandailing Natal

Jordan Silaban | Selasa, 06 September 2016 18:09:32

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti/kkp.go.id
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti/kkp.go.id

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memberikan bantuan 18 kapal penangkap ikan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mandailing Natal.

Tidak hanya kapal, 95 unit jaring juga diberikan kepada pemerintahan daerah setempat pada tahun ini.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Mandailing Natal, Awaluddin Nasution mengatakan kapal-kapal tersebut akan diberikan kepada lima koperasi nelayan yang memiliki kelompok dan badan hukum koperasi yang aktif di sektor perikanan.

(BACA: Jokowi akan Kirim Feri Besar dan Bangun Dermaga Baru di Samosir)

Koperasi penerima bantuan tersebut yakni Koperasi Nelayan (Kopne) Bahari Pasar I Natal Kecamatan Natal, Kopnel Usaha Karya Sejahtera Bintuas, Kopnel Produksi Mundom Sejahtera Kecamatan Muara Batang Gadis, Kopnel Sepakat Bahari Batahan dan Kopnel Karya Lestari.

Menanggapi rencana bantuan dari KKP tersebut, kata Nasution, hingga saat ini pihaknya terus melakukan berbagai sosialisasi kepada para nalayan sehingga nantinya bantuan kapal tersebut dapat diperoleh termasuk persiapan dan persyaratan dibutuhkan.

(BACA: 4 Sejarah Dicetak Presiden Jokowi di Tano Batak)

Dengan adanya alokasi bantuan kapal dan jaring dari KKP tersebut, ujar Nasution, pihaknya mengharapkan para pengurus koperasi nelayan yang ada di Kabupaten Mandailing Natal agar aktif membenahi koperasinya.

Termasuk mempersiapkan segala proses administrasi yang diperlukan sehingga nantinya tidak ada kendala di lapangan.

"Yang lebih penting lagi nanti saat bantuan itu sudah diterima harus dijaga dengan sebaik-baiknya." katanya.