Wow! Kopi dari Tano Batak Berhasil Tembus Pasar Elite Eropa

Ester Napitupulu | Jumat, 04 November 2016 20:11:35

Kopi Lintong Nihuta/humbangorganik.com
Kopi Lintong Nihuta/humbangorganik.com

Satu per satu kopi asal Tano Batak mencuri perhatian dunia. Kali ini adalah kopi organik asal Kecamatan Lintong Nihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, yang berhasil masuk pasar Finlandia.

Tidak tanggung-tanggung, bersama Kopi Flores, kopi Lintong Nihuta langsung masuk ke pasar kopi premium di negara Eropa Utara itu. Kopi-kopi tersebut dijual di outlet elite dan supermarket termahal di Finlandia yaitu Stockman. 

Importir dari dua kopi asal Indonesia itu adalah Cafetoria Roastery dari Helsinki. Menurut informasi dari KBRI di Finlandia, Kopi Lintong Nihuta dan  Flores tersebut sudah diberi sertifikasi badan pengawas produk organic Uni Eropa (FI-EKO 201), serta diberi EU Organic Logo yang biasa disebut 'Euro-leaf'.

[LIHAT VIDEO: Ini Cara Buat 'Kopi Sedap' yang Legendaris di Siantar]

Adanya EU Organic Logo membuktikan bahwa produk-produk kopi asal Indoensia tersebut sepenuhnya telah sesuai dengan kondisi dan aturan sektor pertanian organik yang ditetapkan oleh Uni Eropa.

Terbukti, biji kopi yang dipasarkan sebagai produk hasil proses (roasted), 95 persen-nya berasal dari bahan pertanian organik.

[BACA: Kenapa Kopi Sipirok Belum Bisa Bersaing dengan Mandailing?]

Tidak hanya itu, kopi-kopi Batak dan Flores itu juga telah memenuhi prasyarat produk organic EU yang diatur dalam peraturan Uni Eropa terkait cq EC No. 834/2007 dan EC No.889/2008.

Pencantuman EU Organic Logo pada produks kopi Indonesia juga telah dilengkapi dengan persyaratan mandatory code number of the control body, serta tempat di mana bahan dasar pertanian (agricultural raw materials) berasal.