Wakasal Laksdya Arie Sembiring Wafat, Jokowi Hadir Melayat

Coky Simanjuntak | Senin, 19 Desember 2016 18:12:10

Presiden Jokowi melayat Wakasal Laksdya TNI Arie Henrycus Sembiring/Setkab
Presiden Jokowi melayat Wakasal Laksdya TNI Arie Henrycus Sembiring/Setkab

Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana Madya (Laksdya) TNI Arie Henrycus Sembiring, wafat pada Minggu (18/12) sekitar pukul 23.45 Wib di Rumah Sakit Cipto Mangun Kusuomo, Jakarta.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun hadir untuk melayat jenderal bintang tiga asal Karo ini di rumah dinasnya, Jl Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (19/12).

Berbatik gelap, Jokowi disambut keluarga mendiang. Setelah menyampaikan belasungkawa, Jokowi langsung masuk ke dalam rumah dan memanjatkan doa di dekat peti jenazah.

Arie Henrycus Sembiring/Dok.TNI

Arie yang berpulang di usia 56 tahun meninggalkan seorang istri dan tiga anak. Pada Senin (19/12) malam ini pukul 19.00 WIB akan digelar misa requiem yang dilanjutkan acara adat Karo.

Esok paginya, sekitar pukul 09.00 WIB akan kembali digelar misa, lalu pukul 10.30 WIB upacara pelepasan dari kediaman di Cut Meutia, pukul 11.00 WIB pemberangkatan menuju TMP Kalibata.

Laksamana Madya Arie adalah perwira lulusan Akademi Angkatan Laut angkatan ke-28 tahun 1983. Sebelum menjabat Wakasal, Arie menjabat Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) KSAL.

(BACA: Hercules TNI AU Jatuh di Papua, Kapten Hotlan Saragih Jadi Korban)

Ia memulai karier pelaut sebagai Asisten Perwira Divisi KRI Martadinata-342. Setelah itu, memangku beberapa jabatan penting di TNI AL, antara lain Danlantamal I Medan, Komandan Gugus Keamanan Laut Timur, Panglima Komando Lintas Laut Militer, Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur, Asisten Operasi (Asops) Kasal, Asisten Perencanaan dan Anggaran Kasal dan terakhir sebagai Wakasal.

Ada belasan tanda jasa yang didapat ayah tiga anak ini, antara lain Satya Lencana Wira Dharma (perbatasan), Satyalencana Dharma Samudra, dan Satya Lencana Kesetiaan XXXII.