Wah! Debu Vulkanik Sinabung Sampai ke Berastagi

Jordan Silaban | Rabu, 25 Mei 2016 06:05:46

Erupsi Sinabung Sabtu (21/5)/Komunitas Beidar Sinabung
Erupsi Sinabung Sabtu (21/5)/Komunitas Beidar Sinabung

Dampak erupsi Semburan debu vulkanik Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, semakin meluas. 

Pada erupsi yang terjadi Selasa (24/5) kemarin pukul 10.19 Wib, debu vulkanis Sinabung menyembur sampai ke Kota Wisata Berastagi.

"Selain itu, juga meluas hingga ke Kecamatan Namantran, Kecamatan Merdeka, dan Kecamatan Berastagi," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo, Jhonson Tarigan, seperti dilansir Antara, kemarin.

Akibatnya, Kota Berastagi diselimuti debu vulkanis, meskipun tidak begitu tebal.

"Warga masyarakat yang ingin bepergian ke luar rumah terpaksa harus menggunakan masker pengaman penutup mulut untuk menghindari agar tidak terkena infeksi saluran pernapasan akut (Ispa) yang membahayakan itu," ujar Jhonson.

Ia menjelaskan, petugas Dinas Kesehatan membagi-bagikan masker pengaman kepada masyarakat untuk menghindari debu vulkanik yang terus beterbangan di Kota Berastagi.

Bahkan, sebahagian rumah warga dan mobil pribadi yang melintas dan lalu lalang di jalan raya di kota tersebut, juga kelihatan tertutup debu erupsi Gunung Sinabung.

"Debu vulkanik erupsi Gunung Sinabung juga terjadi di Desa Gajah, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo. Siswa dan guru di daerah tersebut mengenakan masker pengaman untuk melaksanakan aktivitas," ucapnya.

Seperti diberitakan, Kembali Erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali mengalami erupsi pada Selasa (24/5), pukul 10.19 WIB yang menyebarkan awan panas.

Petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Sinabung M Nurul Asrori mengatakan erupsi itu menyebarkan awan panas yang meluncur ke arah selatan dan tenggara sejauh 1.000 meter.

Ke arah timur, awan panas tersebut meluncur hingga 2.500 meter.

Namun pihaknya tidak mengukur ketinggian kolom abu vulkanik yang menyembur ketika erupsi tersebut berlangsung. "Ketinggian tidak terbaca karena tertutup kabut," katanya.

Petugas PVMBG Pos Sinabung belum mendeteksi adanya erupsi susulan dari gunung berapi itu.

 

SPONSORED
loading...