Wah! Ada Wi-Fi Gratis di Parapat dengan Password ‘JRSARAGIH'

Ester Napitupulu | Senin, 21 Agustus 2017 16:08:57

Pantai Bebas, Parapat.
Pantai Bebas, Parapat.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, membuka akses jaringan internet di kompleks Pantai Bebas Parapat, Danau Toba. Uniknya, koneksi gratis lewat wi-fi ini diberi kata sandi ‘JRSARAGIH.’

"Gratis melalui free wi-fi Semangat Baru Sumut dengan password JRSARAGIH,” kata Kepala Dinas Kominfo, Akmal Harif Siregar, seperti dikutip Antara, Kamis (17/8).

JR Saragih adalah Bupati Simalungun. Ketua Partai Demokrat Sumut ini sudah mendeklarasikan diri maju sebagai bakal calon Gubernur Sumut 2018-2023.

JR Saragih/Facebook

Akmal mengatakan, pengadaan akses jaringan internet gratis itu berkaitan dengan HUT Ke 72 Kemerdekaan RI sekaligus bentuk dukungan terhadap program Pemerintah Pusat dalam pengembangan pariwisata di kawasan Danau Toba.

Dia menambahkan, JR Saragih kerap menekankan kepada pimpinan instansi atau satuan kerja terkait untuk terus melakukan pembenahan Kota Parapat dalam menyongsong program Pemerintah Pusat itu.

Apalagi, kata Akmal, di era sekarang ini dan kedepannya, arus informatika sudah menjadi tuntutan dan bagian dari kebutuhan hidup masyarakat maupun individu yang harus disikapi secara bijak.

Kota Parapat yang berada di kawasan Danau Toba kata Akmal, tentunya harus dilengkapi dengan kebutuhan masyarakat itu, terutama bagi layanan kepada pengunjung.

"Mereka tidak saja menikmati keindahan alam Danau Toba, tetapi juga mendapatkan layanan lebih dengan mudahnya bahkan tanpa dipungut bayaran mendapatkan akses internet," kata Akmal.

Beberapa pengunjung remaja yang mencoba akses jaringan internet di komplek Pantai Bebas Parapat mengaku senang, karena dapat membuka media sosial untuk menunjukkan keberadaan dirinya kepada yang lain.

"Kami harapkan seterusnya, biar main di Pantai Bebas makin asik dan seru," kata Yuniar Harahap (15), warga Kelurahan Timbang Galung, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara.