Turis Finlandia Meninggal Saat Masuk Hutan di Sumut

Coky Simanjuntak | Jumat, 13 Januari 2017 19:01:17

Ilustrasi menjelajah hutan/blogspot
Ilustrasi menjelajah hutan/blogspot

Turis asal Finlandia, Pohjolainen Mika Santeri (42), meninggal dunia seusai melakukan penjelajahan di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Dia diduga tewas akibat serangan jantung dan kelelahan.

"Benar ada laporan yang masuk kepada kita tentang turis asal negara Finlandia yang meninggal," kata Paur Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor Langkat AKP Tarmizi Lubis, di Stabat, seperti dikutip Antara, Jumat (13/1).

Tarmizi Lubis menjelaskan, turis tersebut meninggal dunia kamis (12/1) sekitar pukul 19.55 WIB, setelah sebelumnya mendapat perawatan di salah satu rumah sakit maupun juga klinik yang berada di Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumut.

Menurutnya dari keterangan dua saksi Legiman dan Bejo, Rabu (11/1) sekitar pukul 12.30 Wib, korban bersama dengan temannya satu rombongan tiba di daerah kawasan wisata Bukit Lawang dan menginap di penginapan On The Rock di Dusun/Desa Timbang Jaya Kecamatan Bahorok.

Kemudian pada Kamis (12/1) sekitar pukul 12.00 WIB, korban bersama rombongannya melakukan tracking masuk hutan dibantu guide Legiman dan Bejo. 

Sekitar pukul 15.30 WIB setelah menjelajah kawasan TNGL mereka bermaksud pulang ke penginapan. Namun saat memasuki Aras Pinang (daerah hutan TNGL) tiba-tiba korban mengalami sesak napas dan sekujur badan membiru. 

Lalu korban dievakuasi memakai ban menyusuri sungai Bahorok untuk cara cepat menyelamatkan korban.

"Korban dibawa ke klinik Abdi Kurnia untuk penanganan medis namun tidak sanggup lalu dirujuk ke rumah sakit Delia Selesai, pihak perawat dan paramedis coba melakukan pertolongan namun akhirnya korban meninggal dunia," katanya.

Kini korban masih berada di Rumah Sakit Delia guna selanjutnya menunggu pihak Konsulat Finlandia untuk dibawa kenegaranya.