Tokoh-tokoh Batak Ramaikan Fun Walk for Wonderful Toba

Coky Simanjuntak | Minggu, 15 Mei 2016 12:05:06

Maruarar Sirait berfoto bersama pengunjung Fun Walk for Wonderful Toba/FB
Maruarar Sirait berfoto bersama pengunjung Fun Walk for Wonderful Toba/FB

Upaya untuk membangkitkan lagi wisata Danau Toba mendapat dukungan penuh dari Jakarta. Buktinya, tidak hanya halak hita, masyarakat umum juga antusias mengikuti 'Fun Walk fo Wonderful Toba', yang digelar di Silang Monas, Jakarta, Minggu (15/5) pagi.

Acara jalan santai yang diikuti oleh 10.000 peserta ini juga dihadiri sejumlah tokoh Batak. Sebut saja Maruarar Sirait, Ruhut Sitompul, dan masih banyak lagi.

Maruarar, yang mengenakan kaos oblong putih, menyambut positif acara jalan santai demi mendukung pariwisata Danau Toba ini.

“Saya lihat yang hadir di sini bukan hanya orang Batak, tetapi juga seluruh masyarakat Indonesia yang ingin wisata Danau Toba bangkit,” kata Ara, sapaan akrabnya, seraya meladeni pengunjung yang minta berfoto bareng.

Oleh karenanya, anak sulung politikus senior Sabam Sirait ini optimis Danau Toba dapat menjadi “Monaco of Asia” sesuai dengan rencana Presiden Jokowi.

“Niat baik Presiden Jokowi harus kita dukung penuh. Kalau bukan kita siapa lagi yang mendukung?” kata politikus PDI Perjuangan yang dikenal sangat mencintai budaya Batak ini.

(BACA: Sulitnya Penjajah dan Misionaris Barat Temukan Danau Toba)

Tarian Tortor di acara Fun Walk for Wonderful Toba/FB

Ketua Panitia 'Fun Walk For Wonderful Toba’, Aloysius Saragih, mengatakan kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka merespons Keppres Pembangunan Infrastruktur dan Keppres Percepatan Pembangunan Danau Toba.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dimulai dari golf, jalan santai, motor gede, sepeda, maraton, dan pergelaran musik," kata Aloy.

Acara ini secara keseluruhan diprakarsai oleh  Komunitas H3 (Horas, Halak, Hita). Fun walk merupakan salah satu rangkaian acara, menuju puncak kegiatan bertajuk Greatest Caldera Ride pada 21 Mei mendatang.

“Kami merasa terpanggil untuk membantu mempromosikan, apalagi Toba sekarang sudah ditetapkan menjadi salah satu destinasi wisata prioritas,” ujar Ketua Pelaksana Greatest Caldera Ride, Efrinal Sinaga.

Untuk diketahui, Danau Toba masuk ke dalam 10 destinasi prioritas oleh Kementerian Pariwisata, bersama Tanjung Kelayang Belitung, Tanjung Lesung Banten, Kepulauan Seribu Jakarta, Candi Borobudur Jawa Tengah, Bromo-Tengger-Semeru Jawa Timur, Mandalika Lombok Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur, dan Wakatobi Sulawesi Tenggara.