Tinggalkan Anak, Ayah Radja Nainggolan Pernah Tinggal di Bekasi

Laurencius Simanjuntak | Kamis, 21 Juli 2016 09:07:18

Radja Nainggolan dan ayahnya Marianus Nainggolan/istimewa
Radja Nainggolan dan ayahnya Marianus Nainggolan/istimewa

Radja Nainggolan dikenal sebagai pesepakbola dunia pertama berdarah Batak. Meski berwarga negara Belgia, gelandang AS Roma ini memiliki ayah seorang Batak asli bernama Marianus Nainggolan. 

Sementara ibu Radja adalah Lizy Bogaerts, orang Belgia asli dari etnis Flandria. Dari rahim Lizy, Radja lahir dengan saudara kembar perempuan, Riana Nainggolan, juga pesepakbola dunia.

Lizy sudah meninggal pada 2010 karena penyakit kanker, sementara Marianus sekarang berdomisili di Denpasar, Bali.

Sulit melacak keberadaan Marianus, namun Batakgaul.com mendapat cerita tentang ayah Radja dan Riana Nainggolan itu dari seorang kawannya, Lisman Situmorang.

Lisman yang merupakan warga Bekasi ini bercerita, nama panggilan ayah Radja adalah Oscar. Marianus Nainggolan adalah namanya di identitas kependudukan. 

“Dia Nainggolan dari Balige, Toba Samosir,” kata Lisman saat berbincang dengan Batakgaul.com di warung miliknya di Perumahan Taman Wisma Asri, Bekasi Utara, kemarin.

(BACA JUGA: Ternyata, Ada 'Boru Nainggolan' Bermain di Klub Sepakbola Italia)

Radaja Nainggolan dan ayahnya Marianus Nainggolan/twitter

Lisman mengatakan, kenal dengan Oscar saat ayah si kembar itu berkunjung Bekasi sekitar 1997/1998. Kebetulan Fans Salon, tempat usaha milik abang Oscar, bersebelahan dengan warung milik Lisman.

“Saya ingat betul karena saat itu sedang ramai-ramainya kerusuhan,” ujar bapak tiga anak ini.

Adapun alasan Oscar datang jauh-jauh dari Belgia ke Indonesia (Bekasi) karena abangnya si pemilik salon sakit-sakitan. 

“Si Oscar yang merawatnya, kendati abangnya itu meninggal setahun kemudian,” kata Lisman.

(BACA JUGA: Cerita ’Si Batak Kembar' Cetak Sejarah di Belgia)

Riana dan Radja Nainggolan saat kecil/twitter

Selepas abangnya meninggal itu, kata Lisman, Oscar mengurusi semua pemakamannya sampai urusan jual-beli ruko bekas salon abangnya itu.

“Kurang lebih setahun saya berteman dengan dia, karena kami bertetangga, bersebelahan,” ujar Lisman yang juga bertugas sebagai penjaga HKBP Resort Taman Wisma Asri ini.

Kepada Lisman, Oscar bercerita sudah berkeluarga di Belgia dan mempunyai dua orang anak, Radja dan Riana Nainggolan.

“Dua-dua orang itu main bola terus,” kata Lisman menirukan cerita Oscar.

(BACA JUGA: 4 Fakta Tentang Radja Nainggolan, Batak Pertama di Piala Eropa)

Cerita Lisman yang bertemu dengan Oscar di Indonesia ini cocok dengan pengakuan Radja Nainggolan. 

Kepada sejumlah media, Radja yang lahir 4 Mei 1988 ini mengaku pernah ditinggal ayahnya selama belasan tahun saat dia berusia 5 tahun (1993).

Ditinggalkan pada 1993, menurut Radja, dia baru kembali bertemu kembali ayahnya pada 2007 atau setelah 14 tahun di Bali. 

Radja Nainggolan dan kaos timnas Belgia yang dipakainya/Facebook

Jika dicocokkan dengan pengakuan Radja, berarti pertemuan Oscar dan Lisman di Bekasi adalah tahun keempat setelah Si Nainggolan meninggalkan si kembar di Eropa.

“Tapi dia (Oscar) tidak pernah cerita soal ini. Dia cuma cerita punya dua anak di Belgia yang hobi sekali main bola,” kata Lisman.

Lisman sama sekali tidak ragu bahwa Oscar adalah ayah Radja Nainggolan. Apalagi, foto Oscar yang ada padanya sama dengan Marianus Nainggolan, yang terkenal di media sebagai ayah Radja Nainggolan.

“Makanya ketika nama Radja Nainggolan meledak sebagai pesepakbola Belgia, saya tidak heran. Pasti itu anaknya Si Oscar,” kata Lisman yang ingin sekali kembali berbagi cerita dengan Oscar.