Terungkap! Alasan Sederhana Jokowi Perluas Bandara Silangit

Laurencius Simanjuntak | Jumat, 11 November 2016 11:11:24

Presiden Jokowi dalam Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba/batakgaul
Presiden Jokowi dalam Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba/batakgaul

Baru pada era Presiden Jokowi, Bandara Silangit di Siborong-borong, Tapanuli Utara, bisa diakses langsung dari Jakarta. Perluasan bandara yang dilakukan pemerintahan Jokowi ternyata diawali alasan sederhana.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Abetnego Tarigan, mengungkapkan pariwisata ternyata bukanlah menjadi alasan awal Jokowi memperluas Bandara Silangit, tetapi banyaknya orang Batak yang menjadi perantau.

“Orang Batak itu banyak perantau, pasti pulang. Apalagi ditambah wisata,” kata Abetnego menirukan ucapan Jokowi dalam sebuah diskusi di Jakarta, kemarin.

Menurut Abetnego, alasan sederhana presiden itu akhirnya terbukti dengan banya halak hita yang pulang ke Bona Pasogit dengan mengakses langsung Bandara Silangit.

“Alasannya sederhana dan terbukti,” ujar dia.

(BACA: Bupati Taput Usul Misionaris AS Jadi Nama Bandara di Silangit)

Bandara Silangit/batakgaul

Abetnego mengatakan, komitmen Presiden Jokowi untuk membangun kawasan Danau Toba tidak usah diragukan lagi. Dalam dua tahun pemerintahan saja, Jokowi sudah dua kali mengunjungi danau vulkanis terluas di dunia tersebut.

“Pertanyaannya adalah kepada kita semua, kesempatan ini mau kita ambil atau tidak?” ujarnya.

(BACA: Singapore Airlines Pertimbangkan Buka Penerbangan ke Silangit)

Seperti diketahui, Bandara Silangit kini sudah bisa didarati pesawat jenis Boeing 737-500. Percepatan perpanjangan landasan pesawat pun terus dikebut dari 2.200 meter menjadi 2.650 meter dan lebar dari 30 meter menjadi 45 meter. Ini agar bisa didarati pesawat besar sejenis Boeing 737-800.

Pembangunan terminal penumpang Bandara Silangit juga terus dilakukan untuk menampung ratusan ribu penumpang per tahunnya.