Terbang Perdana Singapura-Silangit, Ini kata Luhut Pandjaitan

Coky Simanjuntak | Selasa, 12 September 2017 20:09:30

Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan di Bandara Silangit, Taput/FB
Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan di Bandara Silangit, Taput/FB

Bandara Silangit di Siborongborong, Tapanuli Utara, tak lama lagi akan menjadi bandara internasional. Nah, sebelum diresmikan Presiden Jokowi pada Oktober mendatang, Menko Maritim Luhut Pandjaitan mencoba penerbangan pertama dari Singapura.

"Saya mengalami 52 menit bersejarah pada Jumat lalu. Itu adalah waktu tempuh Singapura-Silangit via udara. Dan saya beruntung diijinkan mendarat dalam sebuah penerbangan internasional yang pertama di Bandara Silangit, Siborongborong, Sumut,” kata Luhut lewat Facebook-nya, Selasa (12/9).

Luhut mengakusengaja mencoba sendiri fasilitas pendaratan internasional di Silangit. "Tujuannya untuk memastikan semua benar-benar siap saat peresmian oleh Presiden Jokowi akhir bulan depan,” katanya.

Bandara Silangit/FB

Menurut Luhut, masih ada kekurangan di lapangan terbangnya, meskipun per 8 September 2017 Bandara Silangit secara administratif sudah resmi menjadi bandara internasional, berdasar otoritas Menhub dan Menkumham.

"Tapi kekurangan tersebut bisa segera diselesaikan karena koordinasi berjalan baik antara Pemprov, Pemkab, kepolisian, keimigasian, perhubungan, karantina, TNI, BODT, dan semua unsur pemerintah terkait,” ujarnya.

Pria kelahiran Huta Namora, Silaen, Tobasa ini juga mengaku senang karena kekompakan masyarakat adat, gereja, maupun pemeluk agama lain yang terlihat saat semua tumpah ruah dalam kemeriahan Karnaval Kemerdekaan di Balige pada 9-10 September lalu.

"Kalau mau maju, semua harus kompak. Tidak ada cara lain,” ujarnya.

"Tapi kalau sudah maju, jangan sampai kebudayaan kita hilang terkikis modernisasi. Budaya adalah kekayaan Bangsa yang harus selalu kita jaga dan kembangkan."