Tahun Depan, Kita Sudah Bisa Nikmati Internet Cepat di Samosir

Coky Simanjuntak | Minggu, 07 Agustus 2016 08:08:25

Pulau Samosir dilihat dari atas/sumateratour.org
Pulau Samosir dilihat dari atas/sumateratour.org

Internet cepat sudah menjadi kebutuhan setiap orang, terlebih di daerah wisata seperti Samosir, Sumatera Utara. 

Untuk menunjang komunikasi pulau di tengah Danau Toba itu, PT Telkom mulai membangun jaringan komunikasi sistem fiber optic (FO).

Renancanya, jaringan yang mendukung internet cepat (4G) di kecamatan-kecamatan Kabupaten Samosir ini sudah bisa dinikmati pada 2017 mendatang.

(BACA: Jokowi akan Kirim Feri Besar dan Bangun Dermaga Baru di Samosir)

Menurut Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishub Kominfo) Samosir, Dosi Raja Simarmata, pembangunan jaringan itu dapat menjawab kebutuhan akses telekomunikasi yang makin baik.

"Dalam waktu dekat dimulai penggalian pertama untuk pembangunan Sistem Komunikasi Kabel Optik (SKSO) jalur Tele-Pangururan," ujar Dosi seperti dikutip Antara, Kamis pekan lalu.

Wisata Samosir/pedomanwisata.com

Dia berharap jaringan terus diperluas di seluruh pelosok Samosir, sehingga fasilitas canggih tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat di daerah-daerah terpencil.

Pemkab Samosir kata Dosi, terus melakukan sosialisasi, karena sejak awal menyadari pentingnya teknologi informasi dalam mendorong pembangunan daerah.

"Tak bisa dibantah lagi, seluruh sistem kehidupan manusia dewasa ini tidak bisa dipisahkan dari yang namanya teknologi, informasi dan komunikasi," kata Dosi.

(BACA: Gratis! Band Austria Konser Lagu Rock Batak di Samosir 27 Agustus)

Pimpinan PT Telkom Witel Sumut Pematang Siantar, Robi mengatakan, pembangunan infrastruktur FO untuk lebih memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi dan membuat layanan akses internet lebih baik.

Pembangunan Jaringan FO ditargetkan selesai tahun 2017 dengan fasilitas telepon, internet dan TV.