Tahun Baruan, Kaum Muda Batak DKI akan Gelar Drama ‘Bonapasogit'

Coky Simanjuntak | Senin, 16 Januari 2017 19:01:44

Nabaja/FB
Nabaja/FB

Kaum muda Batak di Jabodetabek akan menggelar acara Tahun Baru Bersama di Aula GOR Otista, Kampung Melayu, Jakarta, Minggu 22 Januari 2017 (sebelumnya ditulis di FE UKI Jakarta, Sabtu 21 Januari 2017). 

Dalam acara yang diselenggarakan Naposo Batak Jabodetabek (NABAJA) dan Yayasan Pencinta Danau Toba (YPDT) itu, mereka akan mengangkat isu tentang Bonapasogit (kampung halaman).

Seperti dikutip danautoba.org, Senin (16/1), isu Bonapasogit diangkat dengan menampilkan drama musikal dengan tema sama dan refleksi YPDT terhadap Kawasan Danau Toba yang makin rusak lingkungannya.

Ralat undangan Tahun Baruan NABAJ dari panitia

"Isu Bonapasogit diangkat karena melihat kondisi kampung halaman mereka di Kawasan Danau Toba sangat memprihatinkan, di mana banyak masyarakat di kawasan tersebut mulai menjual tanahnya dengan meninggalkan mata pencaharian bercocok tanam dan terpuruknya masyarakat di sana karena faktor ekonomi,” demikian siaran pers yang disampaikan. 

Faktor lain juga turut memperparah kondisi Danau Toba yang makin rusak tercemar dan hutan-hutan pun banyak yang rusak.

NABAJA dan YPDT mengangkat isu-isu tersebut untuk mendorong kaum muda Batak berbuat sesuatu yang signifikan bagi pemulihan Kawasan Danau Toba. 

Acara tersebut akan dimeriahkan artis-artis Batak, seperti Style Voice, dan lain-lain.