Survei Dukungan Orang Batak untuk Agus Yudhoyono: 0 Persen!

Laurencius Simanjuntak | Jumat, 21 Oktober 2016 10:10:04

Agus Yudhoyono manortor dalam acara adat Batak Mandailing/FB
Agus Yudhoyono manortor dalam acara adat Batak Mandailing/FB

Meski beristrikan Boru Pohan, Calon Gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono, belum mendapatkan dukungan dari orang Batak di ibukota.

Hal ini terlihat dari hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dilakukan pada 1-9 Oktober 2016.

Dari 3,5 persen responden orang Batak dalam survei, mereka yang memilih Agus-Sylvi adalah 0 persen . 

Artinya, bukan tidak ada sama sekali orang Batak di Jakarta yang mendukung Agus-Sylvi. Hanya saja, dukungan halak hita belum terbaca dari total 810 responden dalam survei.

(BACA: Ahok Sudah Diulosi oleh Dua Keluarga Batak Ini)

Sebaliknya, dukungan orang Batak ibukota paling deras mengalir untuk Ahok-Djarot (83,7 persen). Selebihnya untuk Anies-Sandi (3,3 persen). Sementara ada 13 persen Anak/Boru Ni Raja yang belum menentukan pilihan atau menjawab rahasia.

Hasil Survei SMRC

Dukungan dari Orang Batak untuk Ahok-Djarot itu bahkan paling kuat dibanding etnis lainnya, seperti Cina (71,4 persen), Jawa (51,1 persen), Sunda (37,4 persen), Betawi (33,8 persen). Empat etnis ini juga mayoritas mendukung Ahok-Djarot.

Hasil survei secara tidak langsung menunjukkan orang Batak rasional dalam memilih pemimpin. Meski Ahok bukan orang Batak, kinerja positif membangun Jakarta membuat banyak halak hita kepincut. 

Persepsi terhadap kinerja baik pula yang membuat Ahok-Djarot secara umum unggul (45,5 persen) dibanding calon lain, yakni Agus-Sylvi (22,4 persen) dan Anies-Sandi (20,7 persen). Sebanyak 11,6 persen responden belum menentukan pilihan.

(BACA: Bela Ahok, Megawati Sebut Orang Batak Juga Bersuara Keras)

Untuk diketahui, di tengah pencalonan Agus sebagai Cagub DKI 2017, istrinya Annisa Yudhoyono Boru Pohan, aktif mengungkapkan identitasnya sebagai Boru Batak. 

Lewat akun Istagram-nya, menantu Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono itu pernah mengungkapkan bahwa dia adalah Boru Pohan Simanjuntak nomor 16. Bahkan, baru-baru ini prosesi adat Batak dari Tapanuli Selatan juga dijalani pasangan tersebut.