Sssttt....! Ada Pemuda Batak di Tim Thomas Cup Indonesia 2016

Ester Napitupulu | Rabu, 18 Mei 2016 16:05:26

Anthony Ginting/blogpost
Anthony Ginting/blogpost

Tim inti Thomas Cup Indonesia kini kehadiran seorang pemuda Batak Karo. Namanya Anthony Ginting. Bersama rekan-rekannya, pria kelahiran Cimahi, Jawa Barat, 20 Oktober 1996 itu kini sedang menjalani putaran final Piala Thomas Cup 2016 di Tiongkok.

Dalam kejuaraan yang berlangsung 15-22 Mei mendatang, Anthony sejauh ini bermain gemilang. Dia bahkan menjadi penentu Tim Piala Thomas Indonesia untuk menjuarai Grup B, setelah menumbangkan Sai Praneeth dari India dengan skor 18-21, 21-11, 21-13.

Kemenangan Anthony atas Praneeth dalam pertandingan di Kunshan Sport Center, Jiantsu, Rabu (28/5) siang, sekaligus membawa Indonesia unggul 3-0 atas India. Meski sempat kerepotan di game pertama, Anthony menunjukkan kelasnya dengan terus mendominasi dan meninggalkan perolehan angka Praneeth.

Indonesia memastikan juara Grup B setelah mencatat tiga kemenangan. Di pertandingan sebelumnya, Indonesia menang atas Hong Kong 5-0 dan Thailand 4-1.

(BACA: Ternyata, Ada 'Boru Nainggolan' Bermain di Klub Sepakbola Italia)

Profil

Pebulutangkis bernama lengkap Anthony Sinisuka Ginting tersebut kini berada di peringkat 35 pebulutangkis dunia. Berasal dari klub SGS PLN Bandung, Anthony memulai karier bulutangkis sejak duduk di bangku SD.

Anthony Ginting/badmintonindonesia.org

Pria dengan tinggi badan 171 cm ini pernah memenangi kompetisi MILO School Competition kategori tunggal putra SD di 2008. Kemudian pada 2012, Anthony kembali meraih juara pada kompetisi yang sama untuk kategori tunggal putra tingkat SMP.

Sejak tahun 2013 Anthony mulai berpartisipasi di beberapa kompetisi bulutangkis senior, seperti Indonesia Open Grand Prix Gold, Vienam International Challenge, dan Maldives International Challenge. Pada 2014, Anthony mengikuti kejuaraan BWF World Junior Championships dan meraih medali perunggu untuk nomor tunggal putra.