Sinode Godang HKBP Digelar Seminggu Lagi!

Jordan Silaban | Minggu, 04 September 2016 13:09:02

Kantor HKBP Pusat, Pearaja, Tarutung, Tapanuli Utara/panoramio.com
Kantor HKBP Pusat, Pearaja, Tarutung, Tapanuli Utara/panoramio.com

Sinode Godang (Kongres) Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) ke-63 akan dilaksanakan di Seminarium Sipoholon, Tapanuli Utara, 12-18 September 2016 atau kurang lebih seminggu lagi.

Selain pemilihan ephorus (pimpinan tertinggi), Sinode juga akan memilih sejumlah pemimpin HKBP. Seperti sekretaris jenderal, sejumlah kepala departemen dan pemilihan praeses HKBP periode 2016-2020. 

(BACA: Gereja Tertua Ini Jejak Pertama Orang Batak di Jakarta)

Forum tertinggi HKBP ini juga akan menetapkan rencana induk pengembangan pelayanan dan rencana strategis lainnya bagi organisasi keagamaan terbesar ketiga di Indonesia ini.

Panitia Pelaksana Sinode Godang sudah dibentuk dan dilantik Ompui Ephorus Pdt Willem TP Simarmata pada 10 Mei 2016 di kantor pusat HKBP Pearaja Tarutung.

(BACA: Mengenang Ulos dan Sortali Soeharto di Jubelium 125 Tahun HKBP)

Untuk pemilihan ephorus, sejumlah nama sudah beredar sebagai bakal calon. Sebut saja, Pdt. Robinson Butarbutar, Pdt. Darwin Tobing, Pdt. Saut Sirait dan Pdt. David Sibuea.

Selain empat nama itu, masih ada nama-nama pendeta senior HKBP lainnya yang kemungkinan akan maju. Siapapun ephorusnya, yang jelas dia harus membawa HKBP menuju ke arah yang lebih baik.