Silangit Jadi Pionir ‘Smart Airport’, Ini Fasilitas Digital-nya!

Ester Napitupulu | Selasa, 07 November 2017 19:11:58

Bandara Silangit/FB: Limbong Napitupulu
Bandara Silangit/FB: Limbong Napitupulu

Fasilitas-fasilitas tersebut yakni jadwal bus bandara di mana para pengguna jasa bandara dapat mengetahui estimasi waktu melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi ke tempat tujuan masing-masing.

Selain itu, ujar Awaluddin, fasilitas lainnya berupa "e-Payment" di gerai komersil yang memudahkan para pelanggan dalam berbelanja tanpa harus menggunakan uang tunai.

Kemudian sudut Wifi.id dengan kecepatan tinggi dengan ketentuan yang berlaku, mesin penjual tiket bus yang memudahkan dalam proses antrean, serta sistem bagasi pintar yang menunggu bagasi datang dapat diketahui estimasi waktu serta dapat memonitor posisi bagasi penumpang.

"Penerbangan internasional saja tidak cukup untuk mendukung pertumbuhan pariwisata Danau Toba. Lebih dari itu, dibutuhkan juga bandara yang mampu menciptakan 'journey experience' dan dapat memberikan kesan pertama yang baik kepada para wisman guna melengkapi perjalanan mereka," kata Awaluddin.

Menurut Awaluddin, seiring dengan pengembangan yang dilakukan dan dibuka penerbangan langsung Jakarta-Silangit, maka jumlah penumpang pun meningkat.

Berdasarkan data AP, pada Januari-September 2017 tercatat jumlah penumpang mencapai 193.390 penumpang atau meningkat signifikan 216 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Hingga akhir 2017 diperkirakan jumlah penumpang dapat menyentuh angka sebanyak 250.000 penumpang, naik sekitar 60 persen dibandingkan dengan realisasi 2016, yakni 153.135 penumpang.