Salah Parkir di Pasar Samosir Ini, Ban Kalian Bisa Dikempesin!

Coky Simanjuntak | Kamis, 02 Februari 2017 10:02:58

Ilustrasi ban kempes/blogspot
Ilustrasi ban kempes/blogspot

Jika kalian sedang main-main ke Pasar Percontohan Onan Baru, Kabupaten Samosir, sebaiknya jangan memakirkan kendaraan sembarangan. Apalagi, di tempat yang ada rambu dilarang parkir. Sebab, jika melanggar, siap-siap ban kendaraan kalian dikempesin! 

Sanksi tegas ini sengaja diterapkan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Samosir, Sumatera Utara sebagai upaya pemerintah setempat mengurangi kemacetan lalu lintas di kawasan pusat perbelanjaan tradisional tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Samosir Nurdin Siahaan mengatakan, bila keinginan masyarakat yang parkir di tempat larangan dengan tujuan lebih dekat ke lokasi jualan terus dibiarkan, maka pelanggaran akan terus terjadi.

"Jadi, langkah ini untuk memberi efek jera kepada para pelanggar aturan lalu lintas," ujar Nurdin.

Onan Baru, Samosir/kontan.co.id

Dalam menerapkan sanksi pengempesan ban yang telah dilaksanakan pada pertengahan Januari 2017 itu, Dishub bekerja sama dengan pihak kepolisian dan organisasi angkutan darat.

Dishub juga menertibkan kendaraan milik pedagang yang tetap diparkir di area larangan setelah membongkar muatan hasil bumi, karena pemda telah menyediakan lokasi bongkar muat.

Penerapan sanksi tegas itu berdampak pada kelancaran lalu lintas, khususnya di kawasan Pasar Percontohan Onan Baru dalam mendukung Kabupaten Samosir sebagai daerah tujuan wisata.

Selain area parkir, Dinas Perhubungan juga memfungsikan terminal Pasar Percontohan Onan Baru sebagai tempat menaikkan atau menurunkan penumpang.

"Mobil angkutan dan becak motor harus menaikkan mau pun menurunkan penumpang di sana. Begitu juga pedagang, jika ada yang masih melanggar, kami akan menindak lebih tegas lagi," kata Nurdin.