Promo 17 Agustus! Tiket KA Medan-Rantau Prapat Jadi Rp 17 Ribu

Jordan Silaban | Jumat, 12 Agustus 2016 19:08:18

Ilustrasi kereta/mdk
Ilustrasi kereta/mdk

Memeringati HUT Kemerdekaan ke-71 RI pada 17 Agustus 2016, sejumlah perusahaan membuat promo-promo menarik. 

Salah satunya PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang menurunkan harga tiket KA Sribilah Utama rute Medan-Rantauprapat-Medan kelas eksekutif dan bisnis sampai Rp17.000. 

Harga tiket itu sangat murah mengingat pada hari biasa untuk kelas eksekutif harga tiket kereta api di rute itu batas atasnya sebesar Rp150.000 per tiket dan kelas bisnis Rp125.000 (batas atas).

Semua dilakukan sebagai apresiasi kepada penumpang dalam memperingati HUT RI ke-71.

"Tarif spesial 'promo merdeka' itu hanya berlaku di rute Medan-Rantauprapat-Medan kelas eksekutif dan bisnis serta berlaku hanya untuk satu hari yakni tanggal 17 Agustus 2016," ujar Manager Humas PT KAI (Persero) Divre I Sumut Rapino Situmorang di Medan, kemarin.

(BACA: 7 Meme Soal 'Anak Medan' Ini Pasti Bikin Kalian Terbahak-bahak)

KA Sribilah Utama/youtube

Meski berlaku hanya satu hari,harga tiket promo merdeka itu bisa dipesan calon penumpang mulai 11-17 Agustus 2016.

Adapun pemesanan tiket bisa dilakukan di banyak pilihan mulai pada loket penjualan di Stasiun KA, contact centre 1211, aplikasi KAI-Access, intenet reservation, dan seluruh channel eksternal.

Mengingat harga promo yang sangat murah, maka harga tiket itu tidak bisa digabung dengan program promo atau reduksi lainnya.

"Dengan memberi apresiasi kepada penumpang seperti harga jual tiket promo diharapkan masyarakat semakin menyenangi dan menjadikan KA sebagai salah satu moda angkutan utama masyarakat," katanya.

(BACA: Cerita Si Cantik Duma Simanjuntak Belajar di Ruang Tunggu Stasiun)

Rapino menjelaskan, adapun harga tiket KAI untuk rute Medan-Pematangsiantar tidak dijual dengan harga promo sebesar Rp17.000 karena harga yang ditetapkan KAI di rute itu selama ini juga sudah mendapat subisidi pemerintah melalui Public Service Obligation (PSO).

Menurut dia, sebagai perusahaan BUMN, KAI juga sering melakukan apresiasi kepada penumpang pada setiap kegiatan atau momentum yang berbeda.

Langkah manajemen KAI itu sudah membuahkan hasil karena masyarakat semakin mengenal, menyukai, dan memanfaatkan jasa KA, baik untuk angkutan penumpang, barang, mau pun sebagai ajang promosi.