Pesanan Hotel Berbintang di Parapat Penuh Sampai Tahun Baru

Coky Simanjuntak | Minggu, 25 Desember 2016 07:12:38

Hotel Inna Parapat/batakgaul
Hotel Inna Parapat/batakgaul

Pesanan kamar hotel berbintang di daerah tujuan wisata Danau Toba, Parapat, Sumatera Utara untuk libur Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, meningkat tajam. Bahkan sejumlah hotel tidak bisa lagi menerima pesanan karena sudah penuh (full booked).

"Pesanan kamar bahkan sudah full' untuk tanggal 26, 30, dan 31 Desember,” kata Marketing Manager Inna Hotel Parapat Syahrial Azhar, seperti dilansir Antara, Sabtu (24/12).

Menurut dia, manajemen Inna Parapat memang membuat Paket Natal dan Tahun Baru 2017 pada periode tanggal 24-30 Desember 2016.

Untuk Paket Natal, harga jual kamar mulai dari Rp 1,298 juta hingga Rp 5,998 juta per malam.

Sedangkan Paket Tahun Baru, harga kamar Rp  1,878 juta hingga Rp7,838 juta per malam.

Syahrial mengatakan, pesanan hotel di Parapat selalu penuh saat libur panjang maupun libur hari besar keagamaaan seperti Idul Fitri, Natal/Tahun Baru dan Imlek.

"Jadi bukan hanya Inna yang penuh, tetapi biasanya hotel berbintang lainnya juga," katanya lagi.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia atau PHRI Sumut Denny S Wardhana menyatakan, biasanya hanya hotel di daerah tujuan wisata seperti Parapat dan Berastagi yang mengalami lonjakan pesanan pada hari libur keagamaan serta khususnya tahun baru.

Sedangkan pesanan hotel di Kota Medan, meski naik, tetapi tidak terlalu signifikan. Menurut Denny, Berastagi dan Parapat masih menjadi tujuan utama wisatawan yang memilih berlibur di Sumut.