Perolehan Medali Sumut Meningkat, Tapi Peringkat Turun

Jordan Silaban | Kamis, 29 September 2016 09:09:36

Kontingen Sumut di PON Jabar XIX/2016/
Kontingen Sumut di PON Jabar XIX/2016/

Perolehan medali emas kontingen Sumatera Utara (Sumut) pada Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 di Jawa Barat meningkat dibandingkan PON sebelumnya di Riau pada 2012. 

Namun, peningkatan medali itu tidak sejalan dengan peringkat di pesta olahraga empat tahunan ini. Pada PON Jabar kali ini, Sumut berada di urutan ke-9, turun satu peringkat dari PON Riau 2012 yakni di posisi 8.

"PON kali ini kita meraih 16 emas, 17 perak, dan 33 perunggu, sementara PON sebelumnya di Riau kita memperoleh 15 emas, 15 perak dan 20 perunggu," kata Ketua Kontingen PON Sumut Jhon Ismadi Lubis di Bandung, kemarin.

Jhon mengatakan, raihan para atlet sudah meningkat melihat hasil jumlah medali emas, perak, dan perunggu yang terhimpun.

Secara target, ujar dia, Sumut sebenarnya mencapai target delapan besar yang dipatok sejak awal. Namun ia tidak menampik beberapa prediksi target meleset, sehingga Sumut tidak mampu mempertahankan posisi lima besar yang sempat diduduki di awal.

"Target kita medali emas terpenuhi, tapi posisi turun," katanya.

10 Besar PON Jabar XIX/2016

Jhon juga menyampaikan evaluasi penting yang perlu dibenahi pihaknya ke depan demi peningkatan prestasi Sumut di kancah nasional.

Jhon ada beberapa prediksi yang meleset jauh dari target, beberapa cabang olahraga yang diharapkan meraih sejumlah emas demi mendongkrak posisi malah memupus harapan.

"Ada beberapa prediksi kita meleset meraih emas, seperti dari cabang olahraga silat, tinju, karate, taekwondo. Bahkan silat kita diwakili lima atlet, namun semuanya gagal raih emas. Tapi apa yang diraih sudah maksimal baik peraihan jumlah emas, perak, mau pun perunggu," katanya.