Perkenalkan Pulau Beswesen, Objek Wisata Baru di Tanjungbalai

Coky Simanjuntak | Minggu, 05 Februari 2017 16:02:09

Pulau Beswesen/FB: @rozidisporapar
Pulau Beswesen/FB: @rozidisporapar

Pemkot Tanjungbalai, Sumatera Utara meresmikan 'Pulau Beswesen' menjadi salah satu objek wisata air di Sumatera Utara (Sumut). Selain wisata air, pulau seluas 22 hektar ini menjadi tempat yang pas untuk menikmati panorama alam.

“Panorama matahari terbenam menjadikan keindahan tersendiri jika kita berdiri di ujung Pulau Buswesen ini,” kata Wali Kota Tanjungbalai Muhammad Syahrial, seperti dikutip Antara, Sabtu (4/2).

Syahrial menjelaskan, alasan dipilihnya Pulau Beswesen karena memiliki potensi ‘sunset' dan paling luas di antara delapan pulau lainnya yang ada di aliran Sungai Asahan di Kelurahan Selat Tanjung Medan, Kecamatan Datuk Bandar Timur, Kota Tanjungbalai.

Meski masih dalam tahap pembangunan, kata Syahrial, peresmian Pulau Beswesan merupakan upaya mendapatkan kepercayaan pemerintah provinsi dan pusat. Objek wisata baru ini juga diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dan taraf perekonomian warga.

Menurut Syahrial, Tanjungbalai adalah salah satu kota di Sumut yang menjadi pintu gerbang tujuan wisata Danau Toba. Karena itu, pihaknya berupaya mengelola Pulau Beswesen menjadi objek wisata yang keindahannya tidak kalah dari objek wisata lainnya yang ada di Sumatera Utara mau pun di Indonesia.

Camat Datuk Bandar Timur Waris Tholib menjelaskan, sekitar tahun 2006 pulau tersebut sempat akan dikelola menjadi objek wisata. Namun miskomunikasi Pemkot Tanjungbalai dengan Pemkab Asahan terkait tapal batas daerah membuat pembangunannya terbengkalai.

Saat ini, kata Waris, persoalan tapal batas sudah tuntas dan secara geografis Pulau Beswesen merupakan aset Pemkot Tanjungbalai yang berpotensi dikembangkan menjadi objek wisata air.

"Diharapkan keseriusan Wali Kota Tanjungbalai menjadikan pulau ini menjadi kawasan objek wisata mendapat dukungan penuh dari Pemprov Sumatera Utara dan pemerintah pusat serta berbagai pihak terkait," katanya.