Peringati Sumpah Pemuda, Workshop Musik Batak Digelar di Jakarta

Laurencius Simanjuntak | Jumat, 03 November 2017 14:11:28

Hardoni Sitohang/youtube
Hardoni Sitohang/youtube

Banyak cara dilakukan anak muda (naposo) Batak dalam memeringati Hari Sumpah Pemuda. Salah satunya seperti yang dilakukan musisi Hardoni Sitohang, yakni menggelar workshop musik tradisional Batak Toba.

"Acara ini sebagai salah satu wujud, sikap dan tindakan untuk mengimplementasikan isi dan ikrar Sumpah Pemuda yang menegaskan cita-cita akan ‘Tanah Air Indonesia, Berbangsa Indonesia dan Berbahasa Indonesia’,” kata Hardoni di Jakarta, Jumat (3/10).

Workshop ini akan digelar di Toba Dream, Jl Dr. Saharjo, Jakarta Selatan, Sabtu 4 November 2017 pukul 13.00-17.00 Wib.



“Dengan ini kita sebagai bangsa Indonesia yang kaya akan suku, agama, ras dan budaya dapat memperkuat persatuan Indonesia dengan memperhatikan dasar-dasar sejarah,” ujarnya.

Menurut Hardoni, sebagai generasi muda bangsa, para naposo Batak harus menjadi pelopor pelestari budaya di tengah-tengah zaman ini. Serta dapat menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan dalam perspektif budaya dengan berideologi Pancasila.

"Besar harapan kami acara ini dapat semakin memperkuat jati diri kita sebagai bangsa yang berbudaya,” ujar Hardoni yang juga pengelola Studio Musik Batak Gondangta ini.

“Datang ya teman-teman,” ajaknya.