Pemuda Muslim Bantu Amankan Natal di Simalungun

Coky Simanjuntak | Jumat, 23 Desember 2016 11:12:04

Ilustrasi Natal/antara
Ilustrasi Natal/antara

Toleransi antarumat beragama ini patut diacungi jempol. Sebanyak 100 pemuda muslim di Kecamatan Ujung Padang, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, akan turut terlibat dalam pengamanan saat ibadah Natal pada Minggu, 25 Desember 2016.

Camat Ujung Padang M Fikri Fanani Damanik di Simalungun, mengatakan, pemerintahan kecamatan menerima instruksi Bupati Simalungun JR Saragih untuk berpartisipasi dalam menjaga kondusivitas wilayah masing-masing menjelang dan saat perayaan Natal.

Untuk itu, Kecamatan Ujung Padang mengajak pemuda dari lintas organisasi masyarakat dan kepemudaan yang beragama Islam untuk berpatisipasi mengamankan ibadah di gereja-gereja.

"Kita sudah melakukan penandatanganan penyatuan sikap dan semangat untuk menjaga toleransi beragama di Kecamatan Ujung Padang," kata Fikri.

Dia menyebutkan, di Kecamatan Ujung Padang terdapat 20 gereja yang berada di sembilan desa. Setiap gereja diturunkan lima pendamping untuk membantu pemuda gereja yang melakukan pengamanan perayaan atau ibadah Natal.

Mereka akan melakukan pengawasan kepada orang atau pendatang yang bukan warga setempat saat ibadah. Ini untuk mengantisipasi terjadinya aksi teror atau tindakan-tindakan yang dapat mengganggu kelancaran pelaksanaan ibadah.

Para pemuda pendamping pengamanan perayaan Natal juga diminta menjalin koordinasi dengan aparat kepolisian dan TNI terdekat, terutama jika menerima informasi atau mengetahui adanya potensi gangguan keamanan di gereja.

SPONSORED
loading...