Pemerintah Jokowi Beri Santunan Rp 140 Juta untuk Korban Sinabung

Jordan Silaban | Senin, 23 Mei 2016 13:05:37

Presiden Jokowi dan Mensos Khofifah Indar Parawansa/tempo
Presiden Jokowi dan Mensos Khofifah Indar Parawansa/tempo

Pemerintah Jokowi memberikan santunan Rp 140 juta untuk sembilan orang yang menjadi korban letusan Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sabtu (21/5). Bantuan disampaikan oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana.

Santunan Rp 140 juta itu akan dibagikan kepada ahli waris dari 7 korban meninggal, masing-masing Rp 15 juta. Kemudian, Rp 2,5 juta untuk bantuan perawatan medis bagi korban luka.

"Alam memiliki sirkulasi yang tidak bisa diprediksi. Rasa duka cita kami pada keluarga korban," kata Mensos di Kabupaten Karo, Senin (23/5).

Selain uang, Mensos juga menyerahkan bantuan beras seberat 100 ton yang diserahkan secara simbolis kepada Bupati Terkelin.

Kepada ahli waris korban, Mensos juga menyampaikan duka cita yang mendalam dari Presiden Jokowi.

Dia mengatakan, Presiden selalu memantau perkembangan penanganan pengungsi erupsi Gunung Sinabung, termasuk rencana relokasi pengungsi ke kawasan Siosar.

Pemerintah juga terus melakukan berbagai program penanggulangan untuk membantu masyarakat Karo yang berada dalam pengungsian.
Namun sebagai manusia biasa, Mensos berharap warga Karo dapat memahami sirkulasi alam yang memang sulit diprediksi.

Erupsi Sinabung, Sabtu (21/5). Komunitas Beidar Sinabung

7 Tewas, 2 Luka

Sementara itu, Ibrahim Sembiring (57), korban luka bakar serius akibat awan panas Gunung Sinabung, akhirnya meninggal dunia di RS Efarina Etaham, Berastagi. Dengan demikian, hingga kini sudah 7 orang tewas akibat aktivitas gunung di Tanah Karo tersebut.

"Dua korban lainnya yang sedang mengalami luka serius masih dirawat di RS Adam Malik," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut, Saleh Idoan Siregar di Medan, seperti dikutip Antara kemarin.

Berikut identitas korban meninggal dan luka-luka akibat awan panas Sinabung:

Meninggal:

1. Karman Milala (60).

2. Irwansyah Sembiring (17).

3. Nantin Br. Sitepu (54).

4. Leo Perangin-angin.

5. Ngulik Ginting.

6. Ersada Ginting (55).

7. Ibrahim Sembiring (57)

Luka-luka:

1. Cahaya Sembiring (75).

2. Cahaya br Tarigan (45)