Pemandu Wisata di Samosir Dilatih Sampaikan Cerita Rakyat

Coky Simanjuntak | Rabu, 17 Mei 2017 22:05:29

Pulau Samosir dilihat dari atas/sumateratour.org
Pulau Samosir dilihat dari atas/sumateratour.org

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengadakan workshop “story telling" atau pemyampaian cerita rakyat" bagi pemandu wisata di Kabupaten Samosir, kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, pada 15-17 Mei 2017.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Tradisi Seni Budaya Kemenpar, Anna Sunarti, di Samosir, Rabu (17/5), mengatakan, tujuan kegiatan itu untuk meningkatkan kapasitas pemandu wisata, supaya lebih gemar bercerita kepada pengunjung agar pengunjung lebih tertarik dan semakin ingin tahu objek wisata.

Untuk itu, Kemenpar mendorong Pemkab Samosir agar mengembangkan destinasi wisata dengan menggali sejarah budaya dan cerita rakyat.

Cerita rakyat itu nantinya diharapkan menjadi daya tarik dalam meningkatkan kunjungan wisatawan dan usaha perekonomian masyarakat, khususnya pelaku wisata.

Kepala Dinas Pariwisata Samosir Ombang Siboro mengatakan, masyarakat Samosir menyambut baik program pemerintah dalam pengembangan pariwisata yang berinteraksi budaya berawal dari sejarah cerita rakyat.

"Program ini tentu akan menjadi positif dalam pembangunan khususnya di sektor pariwisata sehingga lebih maju," kata Ombang.

Narasumber Workshop Titin Fatimah mengatakan, potensi tradisi dan seni budaya, berupa keberagaman budaya dan potensi wisata budaya, sangat mendukung pariwisata.

Menurut Titin, wisata budaya memiliki potensi pasar besar di kisaran 60 persen, ditinjau dari sumber daya pasar untuk mendatangkan wisatawan.