Pedagang Ulos dan Roti Ketawa Dihadiahi Komputer supaya 'Online'

Coky Simanjuntak | Jumat, 29 April 2016 23:04:53

Pedagang Ulos dan Roti Ketawa/blogspot
Pedagang Ulos dan Roti Ketawa/blogspot

Semua bidang kehidupan kini seakan sedang menuju digitalisasi. Termasuk juga bidang pemasaran produk barang dan jasa.

Dalam rangka melatih pemasaran digital tersebut, Pemerintah Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara dan PT Telkom Indonesia kemarin meluncurkan program usaha kecil menengah (UKM) ‘Kampung Digital’ di Gedung Dharma Wanita, Jumat.

Program UKM Kampung Digital merupakan pemberdayaan pelaku UKM dengan penyediaan fasilitas internet dan pelatihan penggunaan internet.

Peluncuran dirangkai dengan penyerahan bantuan komputer kepada pelaku usaha produksi ‘Ulos’ dan ‘Roti Ketawa’, cenderamata dari General Manager Telkom Sumut Binsar Silalahi kepada Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Pematangsiantar Muhammad Akhir Harahap.

Roti Ketawa/IG

Binsar mengatakan, pelatihan dan bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian Telkom Indonesia kepada pelaku UKM, karena dapat menyerap tenaga kerja sebesar 97 persen.

Binsar berharap, program Kampung Digital itu bisa memajukan usaha para UKM dengan mempromosikan produk mereka melalui media sosial dan internet.

Asisten II Pemkot Pematangsiantar Muhammad Akhir Harahap meminta kepada pelaku UKM agar dapat memanfaatkan program itu sebaik-baiknya, terutama di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang sudah berjalan.

Ia mengingatkan banyaknya tantangan dan persaingan dari dunia luar yang sudah lebih canggih dan modern dalam berusaha.

"Kepada para 'volunter' (sukarelawan) diharapkan untuk dapat memanfaatkan semaksimal mungkin bantuan komputer dan internet yang diberikan," pesan Akhir.